02/05/16

Fenomena #DearMantan : Emang Mantan Situ Nyesel?

SENIN, 2 MEI 2016

Gue kadang heran ya, di jaman yang serba canggih kayak sekarang ini, adaaaaa aja fenomena yang muncul ke permukaan dan hitz di tengah-tengah masyarakat. 

Iya. Itu gue nulisnya hits pake 'z' bukan 's'.

Yang terbaru adalah memajang dua foto seorang secara bersebelahan. Yang satu foto jadul, yang satunya lagi foto terbaru kekinian. Kemudian, foto-foto tersebut dikasih tulisan "Dear Mantan, Maafin Aku yang Dulu"

mantan-atau-setan
Mantan.. atau setan? --via ask.fm


Rata-rata yang gue liat sih, foto dulu nya masih foto jadul yang alay-jelek-gak instagramable lah buat dipajang. Sementara foto terkini adalah foto cantik-ganteng-kekinian-plus editan kamera sana-sini.

Gue pertama kali liat fenomena ini pas lagi scrolling timeline-nya Instagram. Iya. Gue kan juga anak gahol hitz kekinian yang mainan Instagram (mau follow gue? follow gih, di @LHYSHERLY ^^ #PromosiTerselubung) Sekali-dua kali liat sih fine-fine aja. Lama kelamaan... jengah sendiri.

Emang sih. Maksud utama dari si pembuat adalah buat nunjukin kalau dirinya yang sekarang beda dari dirinya yang dulu. Dirinya yang sekarang jauhhhhh lebih enak dilihat daripada dulu. Dirinya yang sekarang jauhhhhh lebih hitz daripada yang dulu.

Wait. Wait. Ini kok gue suka banget sih nulis 'hits' dengan 'hitz'. Halahh~ Sak karepku wes!

Ngomong-ngomong, kalian udah tau fenomena ini kan? Apa belum sama sekali? Apa malah baru tau gara-gara baru baca post blog gue ini? x_x Ya udah, sini gue kasih beberapa memenya. 

*ps: gue nggak bermaksud apa-apa ya. Meme ini gue ambil dari hasil googling. Buat orang-orang yang mukanya nampang dimari, anggap aja kalian ngeksis di blog gue*

Maafin-aku-yang-dulu-1
via slazhpardede.net

Maafin-aku-yang-dulu-2
www.imagala.com

kumpulan-meme-dear-mantan-maafin-aku-yang-dulu
via solo.tribunnews.com

Fenomena Dear Mantan ini entah bagaimana mulanya jadi bahan mainan baru di sosial media. Para netizen pun berlomba-lomba bikin meme dirinya sendiri dan diunggah ke situs jejaring sosial.

Ada yang dari jelek jadi cantik. Ada yang dari gendut jadi kurus. Ada yang dari jelek jadi ganteng. Ada yang dulunya laki sekarang jadi perempuan *eh

Tapi, ada juga sih yang lumayan agamis. Dia majang fotonya dulu mamerin rambut panjang, sekarang udah hijaban. Dari yang dulu kalo solat pake baju koko dan peci, sekarang pake mukena~

Kalo kalian anak Instagram, silakan kepo lewat hashtag #dearmantan, pasti banyak banget meme disana. Terakhir kali yang gue liat sih ada sekitar 20 ribu lebih foto.

Gue sebenernya gak terlalu mempermasalahkan hal ini ya. Hanya tergelitik aja buat nulis. Hemm.. gimana ya?

Apakah kalian yang mengunggah meme ke internet berharap mantan kalian nyesel udah putus sama kalian? Yakin kalau mantan kalian nyesel dan nangis darah gara-gara liat kalian yang sekarang lebih kece? Yakiinnnnnnn??

Ada salah satu komentar mengenai fenomena ini, yang ngebuat gue ngangguk-ngangguk setuju:

DEAR MANTAN,
Situ gak perlu minta maaf segala, sampai repot segitunya gambar alis model celurit, bibir merah merona kayak habis makan mie setan level XL.
Minta maaflah kepada orang tuamu yang selalu kamu repotin..




Beberapa waktu lalu, temen gue si Intan nge-repost tentang fenomena ini di akun Line-nya. Ada salah satu akun (namanya OKB 18+) mosting ginian. Isinya tentang alasan-alasan penentangan dari fenomena ini, yang lumayan menohok para pengunggah meme tersebut. Namun karena tulisannya dalam bahasa Jawa dan gue tau nggak semua pembaca disini ngerti bahasa Jawa, gue akan tuliskan dimari dalam bahasa Indonesia. Tenang, gue ngerti bahasa Jawa kok --" #SherlyBlasteranJawaBugis

(sumber: akun Line OKB 18+).


Pertama ya, esensi lo buat gituan apaan sih? Ya jelas bedalah kondisi dulu sama sekarang. Kalo tetep sama (stagnan) artinya hidup lo gak berkembang, gak progresif.
Kedua, foto lo dulu ya jelas apa adanya, masih polos dan nggak dicoret-coret segala macem. Belum ngerti yang namanya Camera360, PicekArt, Beauty plus-plus, sulap kamera, VSCOK, dkk. Paling ya rada canggih foto pake Caknon 60D, terus minta temen editin Photoshop.


Ketiga, lo pikir mantan lo nyesel putus ama lo? Pas dia putus, dia udah punya cadangan lain kali yang lebih mbois daripada lo. Kecuali mantan lo itu gak bisa move on dan menasbihkan diri jadi pejuang zuhud di jalan cintanya.
Keempat, kalo tujuannya mosting gituan biar kekinian apalagi yang nge-like banyak ya nggak apa-apa. Tapi saran gue sih ya mawas diri, soalnya penduduk media sosial itu gak mikir unggah-ungguh. Kalo fotonya cantik/ganteng ya di-like. Kalo jelek ya pasti dihujat.

jengkel-sama-mantan
Jengkel apa gimana? --via giphy.com
Kelima, apa ternyata lo mosting foto gituan karena jengkel udah diputusin mantan? Terus sekarang pamer soal diri lo yang udah berubah kayak 'Khun Nam' (salah satu pemeran di film Thailand: A Crazy Little Thing Called Love a.k.a First Love) dan udah punya pacar baru?

Kalo misalnya mantan lo cowok, paling ya ngomong gini,
"Halah, udah tau ngerti rasanya"

Makjleb gak sih sampe dia ngomong gituan??

Buat yang lagi baca, maaf ya kalo rada nyelekit di hati. Itu gue sadur(?) dari sumber asli dengan beberapa editan biar pas sama gaya gue ngeblog dimari.

Namun, dari yang semuanya... yang paling jleb di gue adalah di poin terakhir. Ketika si cowok ngomong gini,
"Halah, udah tau ngerti rasanya"

Nah loh, rasa apaan kah ini? Bagi yang usia 18++, udah tau lah ya maksud gue :)) Yang dulu pas pacaran udah digandeng sana sini. Dicium sana-sini. Rangkulan sana-sini. Trus pas dah jadi mantan?  

Hahaha, rasain gih bekas gue!



dating-my-ex
Dating my ex? --via www.tumblr.com


Kalo misalnya ada temen gue yang nanya gini:
"Terus Sher.. Lo sama mantan yang dulu gimana?"


HAHAHAHAHAHAHAHAH!!!! 

Gue nggak ada minat buat majang foto gituan. Serius. Gue emang udah well-looked daripada pas pacaran sama si mantan. Dia nyesel gak ya kira-kira? Entah deh. Gue nggak mau mikirin.
 
[Baca juga: Sama Mantan Gak Perlu Musuhan]

tenggelamkan-mantan
Dapet salam dari Bu Susi nih! --via onsizzle.com

Walaupun begitu, gue tetep menikmati beberapa meme lucu dari fenomena Dear Mantan kali ini. Sekaligus hiburan gitu, biar otaknya gak jenuh sama pikiran sana-sini..

dear-mantan-kamu-sama-saja
Gak ada beda, Pa! --via simomot.com

Udah ah, gak usah terlalu diseriusin bacanya. Ini cuma pendapat gue pribadi. Yang pro silakan... yang kontra ya silakan~


-sptw-


Lokasi: Malang, Malang City, East Java, Indonesia

30 komentar:

  1. Gak mau masalahin pro kontranya yang penting gue ngakak abis baca ini hahaha :)) Keren bangett! Ditunggu post berikutnya dan salam kenal anyway. Jangan lupa mampir balik ya hehe :D

    -jevonlevin.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, seneng deh kalo bisa buat orang lain ngakak baca post gw. Iya. Salam kenal juga, Jevon. Gue bakal main main balik kok kesana. Ditunggu aja yaaa ^^

      Hapus
  2. Aku pas pertama liat ini langsung 'mehh....' Apa apaan coba yah-,- fenomena IG makin aneh aja. Yang relationshit goals lah.. Pusing saya mendingan liatin memenya tulus wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin... karena anak sekarang udah terlalu hitz del -____-

      Hapus
  3. Ngepost dear mantan tuh sebenarnya cuma mau menyiratkan masih ada rasa. Kalau gak ada rasa, ngapain coba nyapa - nyapa mantan pake foto dulu - sekarang? Kalau beneran bahagia mah, enggak peduli. Gak ikutan heitz (Aku nulis hits kaya gitu) gapapa, daripada capek 'ngeyakinin' mantan : AKU UDAH LEBIH BAIK LOOOH. :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, vin.. lo juga masih ada rasa apa gimana nih? xD

      AKUH JUGA UDAH LEBIH BAEK LOHHHHH~~

      Hapus
    2. Walau aku gak nunjukin dia sudah tau~ Biarkanlah dia~ He doesn't deserve the new me~~

      Hapus
    3. SHERLY SETUJU SEKALI, VIN!!!!!!

      Hapus
  4. Seru juga sih sebenernya ngeliatin orang-orang narsis di explor instagram. Dan diam-diam berdoa supaya nggak jadi salahsatunya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kok vin. Gue suka juga merhatiin, tapi juga berdoa smoga gak sampe alay gue nya. ehehehe

      Hapus
    2. Halo lagi, kak aku nge nominasiin kakak untuk Liebster Award, semoga bisa jawab pertanyaan aku ya :D
      http://skilled-daydreamer.blogspot.co.id/2016/05/post-spesial-liebster-award.html

      Hapus
    3. Hahaha, oke Rin. Akan kujawab segeraaaa

      Hapus
  5. Aku juga heran sama fenomena ini wkwk banyak bgt yg bikin seakan akan, mantannya bakal nyesel udh mutusin dia😂 sempet kesel sih, apalagi yg foto 'skrng'nya pake app macem b216(?) Yaelahhhh wkwk

    Ourbeautystory.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Aullll ^^

      Jangan-jangan Aul majang foto ginian juga ya di ig? xD

      Hapus
  6. Hahah bener bngt aku juga heran sm fenomena ini
    Waktu jalan trus dan org juga berubah

    I invited you to join my Korean Beauty Giveaway
    Hope you can join

    Follow my blog& I'll follow back
    Www.miharujulie.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, ya kan yaaa?? Waktu terus jalan dan ke-alay-an pun juga mengikuti xD

      i'll check your blog. Thanks for coming, Miharu ^^

      Hapus
  7. Mending bikin before after diet/workout yah :3

    anyway, aku juga maren sebenernya mau nulis tentang ini. entah kenapa sekarang lagi kepikiran buat nulis masalah sosial mulu. tapi yaaa kan ga mungkin nulis d blogku~ -_-

    www.cookingfoodie.com

    (sekali2 lepas link d page yg kemungkinan hitz aahh :3)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, itu ide bagus mah, Hul ^^ Biar makin termotivasi buat kurus kan yaaaa :3

      huahaha.. gw juga sukanya nulis masalah sosial. Yah, blog lo mah kan temanya: makanan. ya gak cucok kalo isinya sosial. wkwk

      alhamdulillah (( page hitz ))

      Hapus
  8. Beneran menarik buat didiskusiin ya fenomena aneh abad ini.
    FYi masalah ini smpe dijadiin tema lomba essay loh. Dan tmn q ad tuh yg ambil tema ini.. Dia fenomena absurd dr mulai tukeran baju oaca, cium ketiak pacar smpe dear mantan :D
    Aneh tp menarik, kalau aku cenderung netral aj sih tp lbh k ga setuju. Hello? Dr pd cm bikin meme gt mnding nulis review di blog, at least bs bantu org yg lg galau pengen cobain produk tertentu :D


    dhe-ujha.blogspot.co.id

    BalasHapus
  9. Beneran menarik buat didiskusiin ya fenomena aneh abad ini.
    FYi masalah ini smpe dijadiin tema lomba essay loh. Dan tmn q ad tuh yg ambil tema ini.. Dia fenomena absurd dr mulai tukeran baju oaca, cium ketiak pacar smpe dear mantan :D
    Aneh tp menarik, kalau aku cenderung netral aj sih tp lbh k ga setuju. Hello? Dr pd cm bikin meme gt mnding nulis review di blog, at least bs bantu org yg lg galau pengen cobain produk tertentu :D


    dhe-ujha.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. He? Seriusan tuh ada lomba essay --"

      Iya. Kemaren di Instagram (iya, gw anak gaul instagram) banyak banget fenomena aneh. Tuker baju pacar lah, cium ketek pacar lah... whatever banget sumpah.

      huahahha.... kalo nulis review an produk di blog, entar gw ikut teracuni >.<

      Hapus
    2. Done folback ya Sherly :)
      Iya ciyusss sampe dijadiin tema lomba essay :D


      Aku nulis review tujuane untuk berbagi dan sedikit meracuni ^^ *wink

      Hapus
  10. Kalau dipiki-pikir, fenomena dear mantan malah menunjukkan si pembuat meme yang justru gak bisa move on dari pacarnya. Secara gak langsung kam dia pingin diperhatiin sama si manatan karena ngerasa lebih kece dari yang dulu.

    Salam kenal, Sher.
    Boleh dong main ke liadamanik.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih, Li.

      Duh #GagalMoveOn

      Okeeee!! Sherly siap meluncur Lia ^^

      Hapus
  11. yaampun kaaakkk bener banget iniii!!! sebel banget sama postingan dear mantan disosmed, apalagi yg posenya alay alay.. duh, yg ada mantannya malah seneng kali udh putus sm dia! hahahaha

    sensitive-explosive.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya itu, Deb. Kalo bikin ginian, mantan kayanya ga liat juga.. lha wong gimana mau ngeliat, kali aja masing-masing udah saling block akun sosmed. Hahahahaha

      Hapus
  12. OH MY GOD. seriously? kayanya gw bener2 harus rajin baca blog lo ya kak hahahaah suka banget tulisan2 nyeleneh lo!! hahahaha

    dan tulisan ini bener banget!! gw FED UP sama org2 yg bikin meme dirinya sendiri "dear mantan", "maaf untuk mantan", apalah apalah...
    1. alay
    2. dikira gak bisa moveon dari mantan
    3. mantan bisa jadi ilfil
    4. nyakitin hati pacar yg skr.... ini paling krusial. soalnya byk yg bikin meme begini tp kondisinya punya pacar! gila gak mikirin pacarnya sebelom bikin meme -,-

    heyharley.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, emang mesti sering main dimari kok, Ti. Biar pikirannya kebuka dikit :D

      Lo gak bikin ginian juga kan? Semoga enggak :D

      Hapus
  13. Dah 3 artikel yg gw baca dan setiap baca..kek memang baru dicurhatin rasana..brillian lu sher,
    Oh iya dear mantan..iya jg sih..kata loe, secara buat yg dah jauh dimata tapi masih deket dihati.. kadang memang gemes jg kalo liat doi yg skrang.. tapi bener sih kata loe.."ya udahlah" #nyesel_gw_hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gw emang brilian kok *busungin dada*

      Kaga usah ngomongin mantan lagi makanya :)))))

      Hapus

Gimana? Asik gak bacanya? :))

Nggak usah jadi silent reader mulu. Biar lebih akrab sama Sherly, makanya sering komen dan main disini gih. Nggak ada verifikasi katanya kok (tapi tetep SOPAN dan NO SARA yes!)

Komentar kalian senantiasa gue baca. Sherly mah apa atuh, tanpa komentar kalian.. blog ini hanyalah butiran debu semata :"

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com