06/08/17

#SherlyReview : Fanbo Matte Lipstick - Muncul di Tengah Gempuran Liquid Lipstick

MINGGU, 6 AGUSTUS 2017

Halo. Ehm.  *memulai dengan canggung*

Sudah terlalu lama blog ini hiatus dan...

"Aelah, Sher. Gaya lu hiatus. Bilang aja males,"

Fakkkkkkkkk -_-

Dibanding temen-temen lainnya, mungkin postingan ini yang paling telat update. Tolong jangan tanya detailnya kenapa. Tapi, syukurilah akhirnya postingan ini kembali gue update. Maafkan hamba. *sujud*

"Review gincu mulu? Nggak bosen? Nggak pengen review produk lain, Sher?"

Tunggu aja ya. TUNGGU AJA. 

Kenapa sih gue demen banget review lipstik? Soalnya itu yang paling mudah diliat dan dirasakan, ses! Gue kagak butuh ngeliat berhari-hari dampaknya di kulit gue. Gue kagak butuh skill tingkat dewa untuk menggunakannya. Gue kagak butuh tools lain yang menyertainya. Tinggal oles sret sret sret.. Jadi dah!

fanbo-matte-lipstick-leaflet




Jadi, waktu itu pihak Fanbo mengirimkan satu set lipstik mattenya kepada gue (melalui komunitas beauty yang gue ikuti). Sebenernya sih gue waswas juga ini paketan nyampe atau enggak, soalnya beberapa temen gue ada yang sudah dapat, ada juga yang belum. Dan gue kebagian yang mendapatkan produk ini di akhir-akhir. Jadi disaat yang lain udah sibuk swatches, gue masih aja bengong nungguin si kangmas kurir nyampe depan rumah. Siyal!

waiting-gif
Nungguin kangmas kurir dateng tuh kayak gini euy! --via Tenor GIF Keyboard


Paketan gincu ini akhirnya nyampe dengan rapi dan selamat di tangan gue. Gue ngebukanya dengan hati-hati banget loh. Kagak mau lecek segala macem. Ya maklum lah ya bok, barang baru. Kalo udah lama mah dihempas aja.. kayak mantan.

Eh eh eh.. sama mantan nggak boleh gitu loh ah. Musuhan sama mantan? Ah, kamoh nggak dewasa!


Anak solehah selalu dapet kabar baik ya. Kayak gue ini, hehe. Sekarang gue lagi di masa males-malesnya beli gincu baru.. ya walopun gue tau ada buanyaakkk banget indie brand baru yang bermunculan dengan menyodorkan produk gincu sebagai andalan mereka. Gue dulu hampir tiap hari scroll instagram dan ngepoin akun lipstick swatcher buat dapet info produk baru. Eh saat gue lagi males beli gincu baru, tiba-tiba gue dikabarin bakal dapet paketan gincu. Nikmat Tuhan mana lagi yang gue dustakan? :")



smiling-gif
via Tumblr


Iyaaaaaaaaa iyaaaaaaaa gue tau, sekarang ini produk lip cream lagi hype banget. Tapi masa kalian nggak jenuh sih disodorin produk itu mulu? Gue aja rasanya bosen loh. Pas tau Fanbo mau ngirim paketan, gue mengira kalau bakal dikirimin lip cream. Eh gak taunya dikirimin gincu model klasik batangan sebanyak 10 biji.

(( BATANGAN )) 

KEMASAN

Rangkaian lipstik baru ini namanya Fanbo Matte Sense Lipstick: Longlasting Soft Matte Lipstick. Kemasannya ya seperti model lipstik pada umumnya. Terbuat dari plastik ringan berbentuk tabung yang berwarna merah khas Fanbo. Pertama kali memegang lipstik ini, gue merasa agak ringkih dan terlihat murah (ya walaupun memang harganya gak mahal sih). Sewaktu gue goyang-goyangkan tabungnya, gue merasakan isi lipstiknya ikut bergoyang.

Ah mungkin saja si isiannya lipstik juga pengen dangdutan~ 

kemasan-fanbo-matte-lipstick
Kayak gitu kemasannya -TulisandariHati

Namun poin plusnya, ada bunyi klik sewaktu gue menutup tutupnya. Jadi gue bisa memastikan bahwa lipstik ini aman. Poin plus lain adalah isi lipstik yang tidak menonjol keluar. Hmmm ngerti nggak sih maksud gue? Jadi begini, ujung body lipstik kan miring sehingga isi lipstik juga ikut miring. Isi lipstik tidak mencuat keluar karena ada tuh brand lipstik yang modelnya miring begini namun isinya mencuat keluar.. sebut aja namanya Wet n Wild. 

wet-n-wild-lipstick
Kayak yang ini loh --via flutteringbutterfly23.blogspot.com


Tau kan lipstik fenomenal itu? Yha, menurut gue itu bagus. Cuma sayangnya isinya mencuat keluar jadi gue sering nggak sengaja bikin si lipstik bocel kesenggol tutupnya. Nah, kalo si Fanbo ini enggak.

Klaim:
Lembut di bibir dengan efek matte yang tahan lama, dengan kandungan Vit. E dan UV filter menutrisi bibir agar tidak kering dan tetap sehat.

Apakah ini sesuai klaim? Let's see.

Efek matte tahan lama? So-so. Menurut gue ini gak beneran matte. Masih terasa seperti satin gitu hasilnya. Gincu ini meninggalkan stain setelah digunakan. Jadi sewaktu gue makan barbar, masih ada nyisa warna semu-semu cantik di bibir gue.

Iya. Kayak elu yang bersemu-semu manja pas tau gebetan ngajak kencan malem mingguan.

blushing-meme
via Hate is Easy; Love takes Courage. - WordPress.com

Menutrisi bibir agar tidak kering dan tetap sehat? Ya. Gue mempunyai lipstik Fanbo seri lain dan merasa itu agak sedikit kering saat gue pakai olahraga (hohoho, bibir gue harus tetap kecup-able dong sewaktu olahraga). Namun lipstik ini? Tidak bikin kering, euy!

Iye. Gue pake gincu doang kok.. tipis-tipis. Gak setebel tante-tante high class yang kalo lagi workout pun kudu tjantik maksimal.

makeup-when-exercise
via Pinterest
 
Produk ini datang dengan balutan seal plastik. Di sealnya ada keterangan ingredients, batch, hingga tanggal expired. Saat seal dibuka, semua keterangan itu hilang namun informasi penting seperti kode batch dan tanggal expired produk masih ada. 

all-shade-swatched-fanbo-matte-lipstick
Credit to @linklinkblink Makasih loh Kik dipinjemin fotonya!

Ada 10 warna yang ditawarkan Fanbo di series lipstiknya kali ini. Namun sayangnya, nggak ada keterangan nama shade di produk lipstiknya. Jadi ya susah ya bok kalo kudu ngapalin shade mana yang oke di bibir. Padahal di leaflet yang diberikan Fanbo, ada keterangan nama shadenya. Namun di body lipstik nggak ada :(

i-dont-know-gif
via Tenor GIF Keyboard


SWATCHED & REVIEW 

Catatan: Ada beberapa shade yang gue sandingkan hasilnya dengan hasil di bibir temen gue (Intan). FYI, warna kulit gue tanned dengan hint kekuningan khas Indonesia banget, sementara warna kulit Intan lebih cerah dan merona ke-pink-an. Kami disini gak memakai makeup apapun, makanya warna kulit yang ditampilkan adalah benar-benar bare face!

F01 - Classic Orange Red
Seperti namanya, ini warna merah dengan warna dasar oranye. Jadi ya semacam gincu merah mak-emak. Merah menyala yang kalau dipakai di siang bolong bakal menyilaukan alam semesta.

fanbo-matte-01
fanbo-matte-01

Oke. Gue lebay.

Namun seperti yang kita tau, sekarang cewek-cewek muda demen warna cerah. Mau warna merah? Ayok aja dah! Yang penting tetep ketjeh.. seketjeh alis mereka yang hitam selegam arang. Lol.

[Baca Juga: Fenomena Alis Hitam Kotak Jaman Sekarang] 

Saat mengoleskan shade ini di bibir, gue merasakan teksturnya enak. Warnanya nutup sekali poles. 

F02 - Fun Purple Pink
Tau gak? Ini adalah warna pertama dari semua shade yang gue pilih untuk dicoba pertama kali di bibir. Asumsi gue sih warnanya bakal muncul keungungan gitu (soalnya dari nama kayak gitu). Namun gue salah --" Dan shade ini termasuk shade gagal menurut gue.

fanbo-matte-02
fanbo-matte-02

Kenapa? Soalnya hasilnya sheer dan geser di bibir. Kalau gue memoles dari bibir kiri ke bibir kanan, pasti lipstiknya bakalan ikutan pindah juga dari kiri ke kanan. Gue sampe bingung sendiri buat ngecover keseluruhan bibir :| Satu lagi. Di kulit gue yang tanned sawo matang khas Indonesia, warna ini terlihat gonjreng (saat gue pakai dalam keadaan no-makeup).

F03 - Young & Bold
Walau gue nggak begitu doyan gincu pink, namun shade yang ini lumayan gue suka (dari keseluruhan warna pink yang tersedia). Warnanya pink dengan bias kemerahan. Sekali poles nutup dan rada seret-seret asoy ngolesnya.

fanbo-matte-03
fanbo-matte-03
 
F04 - Muted Pink Nude
Tau kenapa gue nggak doyan lipstik nude? Karena seringkali lipstik nude hasilnya bakal washed out di gue.. dan shade ini salah satunya :( Gila bok! Gue macam orang sakit-sakitan pas pakai shade ini. Dari penamaan sih bagus: muted pink nude. Namun di kulit gue, warna ini jadi aneh >.< Warna nude yang blue based emang nggak pernah cocok di gue.

fanbo-matte-04
fanbo-matte-04 (Kiri: gue. Kanan: Intan)

Eh tapi buat yang kulitnya fair, pasti cocok deh. Kalau gue mau maksa buat pakai, kudu dicampur sama warna bold semisal yang shade 01. 

Menurut Intan: kurang pigmented namun warnanya lumayan cocok di dia. Iya, gue tau.. Kalo di gue kayak mayat hidup.

F05 - Cute & Pretty Pink
Warna ini... apa ya? Termasuk warna nude pale pink. Sudahlah, gue nggak pernah cocok pakai warna semacam ini. Lagipula, daya coverage-nya juga nggak begitu tinggi. Jadi susah buat menyamarkan warna kehitaman di bibir.

fanbo-matte-05
fanbo-matte-05 (Kiri: Gue. Kanan: Intan)
Di foto ini, hasilnya terlihat smooth di bibir gue namun kurang smooth di bibir Intan. Ya itu mah tergantung keadaan bibir juga yekan? 

Kata Intan, shade ini di bibirnya seperti shade Emina Lip Color Balm - Library Queen kalau dioles di tangan.

 

F06 - Edgy Deep Brown
INI HOLY GRAIL GUE BANGET! Elu elu elu elu elu kudu coba. Percayalah, dari awal mula gue terima barang ini sampai sekarang, gincu ini tetap jadi pilihan saat lagi bingung mau pake gincu apa hari ini. Bahkan isinya pun sudah berkurang seperempat sanking sukanya gue sama shade ini.

Warnanya coklat kemerahan. Sangat pas untuk medium skintone. Oh ya, shade ini memiliki kemiripan warna dengan beberapa lipstik yang gue punya (detail foto scroll di bawah yes)

fanbo-matte-06
fanbo-matte-06 (Kiri: Gue. Kanan: Intan)
Namun, karena Intan emang kurang demen warna bold, ia langsung bilang ke gue, "Nggak suka gue, Sher... Kayak makan lumpur!"

LOL.

Emang sih untuk kulit fair ini terlihat nyata sekali warnanya. Untuk kulit kekuningan sawo matang, shade ini sangat cocok. Temen gue lainnya, Maya, juga berkulit sebelas-duabelas sama gue... Dan kami cinta mati sama shade ini.

F07 - Natural Pearl
Seperti shade nomor 02, shade ini sheer dan terasa geser di bibir gue. Kayak ngambang gitu di permukaan kulit bibir.. kaga mau nyatu ama bibir. Sudahlah, gue angkat tangan untuk warna ini. Semacam warna nude pale pink, segolongan sama shade 05 deh. 

fanbo-matte-07
fanbo-matte-07 (Kiri: Gue. Kanan: Intan)
Menurut Intan, shade ini lebih pigmented daripada yang sebelumnya (shade nomor 04 dan 05). Bahkan di bibirnya, ini mirip dengan gincu Make Over Ultra Hi-Matte shade Baby Bombshell.
 
F08 - Pretty Salem
Nama shadenya bagus ya bok! Warna pale pink ini lebih wearable daripada shade 05 dan 07 sebelumnya. Diantara semua pilihan warna nude ini, gue prefer si Ferry Salim sih..

Eh, Pretty Salem maksudnya!

fanbo-matte-08
fanbo-matte-08 (Kiri: Gue. Kanan: Intan)

Kata Intan, shade ini mirip Wardah Intense Matte 06, bahkan juga mirip dengan lipstik Fanbo kecil yang didapatkan dari pembelian pensil alisnya. Bahkan juga yaaaa,

Intan: Sher, warna ini mirip sama yang sering dipake Suzy Miss A 

Gue: -____________________-  

F09 - Bright Fushcia Pink
Warna pink jreng!  Warna pink dengan dasar oranye. Bagus sih untuk pecinta warna pink. Namun, gue biasanya menghindari warna pink ginian. Terlalu cewek untuk gue.

fanbo-matte-09
fanbo-matte-09


F10 - Classic Blue Red     
Nah kalau shade 01 warna merah dengan dasar oranye, kali ini merahnya dasar biru yang terbukti bisa bikin gigi lebih putih. Warna beginian nih yang bikin warna merah di bibir keliatan elegan dan dewasa. Gue suka warna ini. Suka!

fanbo-matte-10
fanbo-matte-10
***

Gincu ini terbagi dalam 3 range warna. Nude colors, Red Colors, dan Pink Colors. Yha seperti yang sudah engkau tau... Gue sama sekali nggak cocok dengan range nude-nya. Pucet pasi! Tapi di kulit yang lebih cerah dari gue (semisal Intan) warna nude gituan cocok. Yha, menyesuaikan antara undertone dan skintone pokoknya.

fanbo-matte-nude-colors
Fanbo Matte Nude Colors

 
fanbo-matte-pink-colors
Fanbo Matte Pink Colors


fanbo-matte-red-colors
Fanbo Matte Red Colors

Yang cocok di gue belum tentu cocok di elu. Begitu pula sebaliknya. 

Menariknya, ada beberapa warna yang gue temui mempunyai kemiripan dengan warna di merk lain. Semisal shade 06 dengan beberapa merk sebelah.


   
KESIMPULAN
(+) Finishnya melembabkan
(+) Nggak ngeringin bahkan saat dipakai olahraga
(+) Warna gelap memiliki daya coverage yang tinggi

(-) Kemasan terlihat ringkih
(-) Beberapa shade ada yang 'ngambang' di bibir
(-) Warna nude kurang cocok untuk pemilik medium skintone
(-) Klaim 'matte' di packaging kurang sesuai dengan hasil akhirnya yang satin
(-) Teksturnya nggak konsisten antar shade
(-) Nggak ada keterangan nama shade di kemasan (hanya nomor shade)

Gue harap sih ke depannya pihak Fanbo bisa ngeluarin warna nude (or MLBB, I guess?) yang cocok untuk si pemilik medium to dark skintone. Soalnya gemes aja gitu, ngeliat hasil gincu yang mbladus di gue namun terlihat gorjes di Intan -_-

RATED?
3,5 of 5
Gue tetep rekomenin elu buat nyoba ini loh! Terutama shade favorit gue: 06 - Edgy Brown!!!!!!! KUDU LU COBA. HARUS. WAJIB. CAMKAN ITU!




-sptw





Lokasi: Malang, Malang City, East Java, Indonesia

26 komentar:

  1. aku soal lipstik #nocomment

    ak cuma mau komen soal nasib blogmu aja. km lama gak posting paling karena matik yo sher. males ngetik wkwk

    BalasHapus
  2. Aku juga dapet paket ini dari olshop Sher, tapi ngga suka packagingnya jadi semuanya kuhibahin ke emak :'D

    christinauntari.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik ya jad Emaknya Uun. Dapet geratissssss

      Hapus
  3. Duh, warna nudenya beneran bakal bikin pucet itu sih buat kulit medium. >.<
    By the way, aku sudah follow back blog Kak Sher yaa. :3

    www.zahratsabitah.blogspot.co.id

    BalasHapus
  4. sherly kemana aja hahhahaha
    aku sering liat tapi masih bingung mau beli apa kagak, takut ngga cocok gitu :/

    http://talkingwithbeki.blogspot.co.id/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akoh disini Bekiiiiiii hahaha xD
      Beli yang warna gelap, Bek. Gw lebih rekomenin yang warna gelap daripada yang muda

      Hapus
  5. isi lipstik yang mencuat itu ganggu banget yak sher, mau di tutup kudu konsentrasi tingkat dewa. wkwk.. *toss* 06 ma fav tooo...

    Lia,
    www.liamelqha.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lipstik aja kita perhatiin pas nutupnya, masa hubungan kamu sama dia enggak? :))

      Hapus
  6. Kata Intaaan, kata Intaaan 😅😂

    Aku suka pake lipstik merah terang di siang bolong, biarin dibilang ante2 jg 😋

    https://coretantanganwinda.wordpress.com

    BalasHapus
  7. Belum pernah coba Fanbo karena terlalu banyak pilihan lain yang lebih gemes, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang lain lebih gemes, yang lain lebih lucuk, yang lain...

      ah, yang penting ini geratisan dapetnya Win. hehe

      Hapus
  8. Sherly akhirnya nyobain yang batangan, yee yee yee


    Dah gitu aja komen gue, wkwkwk :'D

    www.putusuci.tk

    BalasHapus
  9. ka sherlyyy aku juga udah nyobain ini *gak nanya
    nomor 6 cakepp <3

    http://www.lianaeka.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kan? Bener kan? Bener kaaaannnnnn?????

      Hapus
  10. satu-satunya lipstick ini yang masih ku simpen cuma shade no. 6. lainnya udah di palak sama temen-temen, ah emak juga malak ih. hahahahha

    depruttt.com

    BalasHapus
  11. shade 03 cantik banget sumpah, aku mupeng bangettt, matte tapi looks glossy ya.

    ursulametarosarini.blogspot.co.id

    BalasHapus
  12. Dewalotto.com adalah Agen Sbobet, Poker Online, Togel Online, Casino online, Judi Sabung ayam Terpercaya di Indonesia dengan fasilitas website terbaik dan aman :)

    Kini DewaLotto Menyediakan Berbagai Game Betting Online, Seperti:
    - SBOBET ( SPORTS / LIVE CASINO )
    - MAXBET / NOVA 88 ( SPORTS / LIVE CASINO )
    - CMDBET ( SPORTS / LIVE CASINO )

    •Kini Hadir Deposit via Pulsa Telkomsel / XL ( Online 24 Jam )

    PROMO BONUS DEWALOTTO

    DISKON TOGEL ONLINE TERBESAR DI INDONESIA
    s
    Diskon Togel Online Terbesar :
    2D : 29%
    3D : 59%
    4D : 66%
    Hadiah Togel Online Terbesar :
    2D : x70
    3D : x400
    4D : x3000
    8 Pasaran Togel Terpopuler :
    Tokyo4D ( www.tokyo4d.com )
    Sydney ( www.sydneypoolstoday.com )
    KoreanLotto ( www.koreanlotto.com )
    Singapore ( www.singaporepools.com.sg )
    ShanghaiLotto ( www.shanghailotto.com )
    OmanPools ( www.omanpools.com )
    Hongkong ( www.hongkongpools.com )
    Malay4D ( www.malay4d.com )

    BONUS CASHBACK SLOT GAMES 5%

    Bonus di Bagikan Setiap Hari Kamis
    Syarat dan Ketentuan Berlaku (*)

    BONUS ROLLINGAN LIVE CASINO 0,8% (NO LIMIT)

    Bonus di Bagikan Setiap Hari Kamis
    Syarat dan Ketentuan Berlaku (*)

    BONUS CASHBACK SPORTSBOOK 5%

    Bonus di Bagikan Setiap Hari Kamis
    Syarat dan Ketentuan Berlaku (*)

    BONUS ROLLINGAN POKER & DOMINO 0,5%

    Bonus di Bagikan Setiap Hari Senin
    Syarat dan Ketentuan Berlaku (*)
    kami tunggu deposit withdraw dari bosku ya bosku

    kami tunggu deposit withdraw dari bosku ya bosku
    Terima kasih sebelumnya waktunya bosku

    BalasHapus
  13. Thanks for sharing..rasa nak beli dah.

    BalasHapus
  14. ArenaDomino Partner Terbaik Untuk Permainan Kartu Anda!
    Halo Bos! Selamat Datang di ( arenakartu.org )
    Arenadomino Situs Judi online terpercaya | Dominoqq | Poker online
    Daftar Arenadomino, Link Alternatif Arenadomino Agen Poker dan Domino Judi Online Terpercaya Di Asia
    Daftar Dan Mainkan Sekarang Juga 1 ID Untuk Semua Game
    ArenaDomino Merupakan Salah Satu Situs Terbesar Yang Menyediakan 9 Permainan Judi Online Seperti Domino Online Poker Indonesia,AduQQ & Masih Banyak Lain nya,Disini Anda Akan Nyaman Bermain :)

    Game Terbaru : Perang Baccarat !!!

    Promo :
    - Bonus Rollingan 0,5%, Setiap Senin
    - Bonus Referral 20% (10%+10%), Seumur Hidup


    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino

    Situs Login : arenakartu.org

    Kini Hadir Deposit via Pulsa Telkomsel ( Online 24 Jam )
    Min. DEPO & WD Rp 20.000,-

    INFO PENTING !!!
    Untuk Kenyamanan Deposit, SANGAT DISARANKAN Untuk Melihat Kembali Rekening Kami Yang Aktif Sebelum Melakukan DEPOSIT di Menu SETOR DANA.

    BalasHapus

Gimana? Asik gak bacanya? :))

Nggak usah jadi silent reader mulu. Biar lebih akrab sama Sherly, makanya sering komen dan main disini gih. Nggak ada verifikasi katanya kok (tapi tetep SOPAN dan NO SARA yes!)

Komentar kalian senantiasa gue baca. Sherly mah apa atuh, tanpa komentar kalian.. blog ini hanyalah butiran debu semata :"

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com