11/03/16

#DibalikPPL : Sempetin Maskeran



JUMAT, 11 MARET 2016

Jadi, sebagai mahasiswa tingkat akhir... 

Errrrr, gue rasanya agak sensitip dengan kata 'akhir'. Tingkat akhir = tugas akhir = skripsi = malesnya angot-angotan >.<

Oke. Oke. Gue ganti intro-nya.

Di post sebelumnya, gue ada nge-notice soal back to high-school kan? Nah, ini nih maksud gue!! (baca post sebelumnya dimari)
 
Kisah Back To School Ala Sherly

Klik link berikut buat tau cerita lainnya ^^
Cerita 1 (saat ini) | Cerita 2


Jadi, sebagai mahasiswa yang sedang berjuang lepas dari jeratan kampus, kali ini gue dan teman sejurusan satu angkatan lainnya diwajibkan untuk melakukan PPL. Sebenernya sih nama bekennya sekarang 'KPL'. Tapi kok gue lebih enak dengan kata 'PPL' ya?

Mbuh, wes! Ini blog gue kok!

PPL di kampus gue ada dua gelombang: gelombang 1 dan 2. Kebetulan gue dapet gelombang 2 di suatu SMA Negeri di kota Malang. Oh, gue punya cerita menarik di balik pemilihan sekolah ini di masa-masa cap-cip-cup dulu.

Waktu itu, gue inget banget. Pemilihan sekolah tempat PPL dilakukan secara online di hari Kamis. Pemilihannya tuh kayak lagi KRS-an. Senggol bacok gitu deh macamnya.
Mau gue sambit pake ini? --via twitter.com

Jadi ya, milih sekolah ini tuh cepet-cepetan sebelum keduluan mahasiswa lainnya. Kenapa mesti cepat-cepat? Karena tiap mahasiswa punya sekolah pilihannya masing-masing dan berusaha sedapat mungkin menghindari sekolah ataupun guru/dosen pamongnya yang 'angker'.

Menurut website, pemilihan tempat dibuka pukul 18.00. Namun, sampai jam 18.30 belum juga dibuka-buka. Temen-temen gue udah pada rame di grup. Ada yang ngomel-ngomel, ada juga yang berusaha stay cool. Ada yang berisik banget, ada juga yang cuma nyimak. Pokoknya berusaha mengisi kekosongan di sela nungguin website yang error mulu dari tadi.

Seperti hati neng yang kosong ini bangggg~~

Sedangkan gue? Laptop on, hp on. Laptop gue nge-reload mulu si website, sementara si hp bunyi centang-centung dari grup. Daripada gabut, gue pun melakukan rutinitas mingguan gue: MASKERAN!!!

Ehehe... Iya. Jadi, di tengah-tengah hiruk pikuk itu, gue menyempatkan diri scrub, lulur, dan maskeran. Yeee, biar aja dong. Biar si website lemotnya minta ampun, gue ya harus tetep tampil ketjeh dong! Gakpapa website-nya awut-awutan, asal bukan muka gue aja yang awut.

Anyway, awut itu bahasa apaan ya?

Lagi asik-asik nunggu si masker mengering, jam 19.00 tet gue nyoba reload si website. Eh, ternyata langsung kebuka. Jantung gue rasanya berdebar-debar. Kira-kira ini udah kebuka dari tadi ato guenya aja yang keasikan maskeran sampe lupa mantengin website?

Was-was kalau sekolah inceran diembat! --via www.hexjam.com

Jeng.. jeng.. jenggg~~
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.

Di tampilan, dari belasan tempat yang ditampilkan (yang ditampilkan artinya kuota disana belum penuh) ada satu sekolah yang gue incer ternyata udah kosong. Mampus dah! Itu sekolah emang favorit banget dipake sama mahasiswa PPL. Sebut aja SMA A.

Ya udah, karena si SMA A udah gak available, gue pindah haluan ke SMA lain. Dari beberapa pilihan yang ditampilkan, gue kepincut sama si SMA B. Duh tapi... dia gelombang 2, sedangkan gue ngincer gelombang 1. Agak lama gue mikir, namun kemudian... ya udahlah!

Gue pun akhirnya nge-klik si SMA B. 

Eh eh eh.. Tiba-tiba ada tampilan yang kira-kira intinya gini: MAAF, KUOTA  YANG ANDA PILIH TELAH PENUH 

Maaaaaakkkkk!!!! Padahal beberapa saat sebelum gue klik, tuh sekolah kuota kosongnya masih 2 (dari 3 tempat yang tersedia). Kampret. Gue kalah sigap. 

Ekspresi gue kira-kira waktu itu --via gifemotions.tumblr.com

Akhirnya gue cap-cip-cup ke sekolah laen. Ada satu sekolah yang gue lirik. Sebutlah si SMA C. Si SMA C kuotanya masih lowong (ada 3 tempat). Sepertinya gue tau alesannya. Karena dosen pamong disana tuh gak enak banget! Sumpah deh, beneran.

Jadi, di kampus gue (di jurusan gue lebih tepatnya) ada satu dosen perempuan yang terkenal killer sama mahasiswanya. Tiap angkatan, adaaaaaa aja sekumpulan mahasiswa yang ngulang kelasnya. Tiap tahun pas ada kelasnya dosen itu, pasti ada aja kakak tingkat yang ikut nimbrung di kelas tersebut. Mau pindah haluan diajar dosen laen? Dosen di mata kuliah itu cuma beliau.

Anway, gue berhasil kok ngelewati kelas beliau dengan nilai lumayan kece #NggakSombongNggakPamerCumaSongong


Pokoknya ikut gue! --via muksidinmy.wordpress.com


Nginget-nginget kakak tingkat yang ngulang, gue jadi keinget si kakak tingkat yang gue pernah ceritain di kisah surprise ulang tahun gue :3 (baca dimari)

Gue agak lama menimang-nimang sekolah SMA C tersebut. Namun, gue urung memilihnya. Kenapa ya? Gue belum begitu sreg sama dosennya >.<

Gue pun pindah lagi buat liat-liat ke SMA D. Disitu tersedia gelombang 2 dengan kuota 3 yang terisi baru 1. Ya udahlah... gue disitu aja. Walopun gue belom tau persis lokasi sekolahnya dimana (katanya temen-temen sih tuh lokasinya di kota, tapi di pinggir), gue pun ngucap bismillah milihnya. Iya dong. Gue nggak mau kejadian lagi kayak milih si SMA B.

Sesaat setelah gue klik...
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
AKHIRNYA GUE BERHASIL MEMILIH SEKOLAH ITU!!!!


Pokoknya seneng banget --via giphy.com


Beneran. Gue seneng banget waktu itu.

Si SMA D yang penuh perjuangan gue milihnya. Suer deh. Jantung gue dag-dig-dug gak karuan pas milih. Harap-harap cemas semoga gak didahuluin sama temen kampret lainnya. Kalo gue ketendang dari SMA D, mungkin gue mesti milih SMA lainnya lagi. Ato parahnya lagi SMA C, wtf.

Sekarang, udah kira-kira 2 mingguan gue melaksanakan tugas negara ini. Dengan sifat mudah-akrab-dan-easy-going gue ini, nggak susah kok ya ngadepin lingkungan baru dengan nuansa anak SMA yang nakalnya bikin mesem-mesem. Mereka asik dan baik. Walopun gue suka banget digodain sama mereka. Huahaha~ 


Kalo gurunya ganteng gini? --via www.pinterest.com

Sekarang sih, gue nggak pernah nyesel milah-milih sekolah sambil maskeran. Walopun gue harus menempuh waktu 15-20 menit buat sampai di tempat, salip-salipan sama angkot yang doyan ngetem sehingga bikin jalan macet, bangun pagi lebih awal selama 6 kali dalam seminggu, ngantuk di tiap jam 4 sore.. tapi gue tetep senang kok! Seriusan.

Ntar gue bakalan posting lagi cerita lainnya. Cerita selama ngajar ini-itu dan dipusingkan dengan tugas sana-sini? Ah, itu udah basi! Gue maunya cerita yang beda. Makanya gue mau buat kisah #DibalikPPL aja. Tunggu aja ya kisah gue yang lainnya.

Nggak mau nunggu? Tunggu aja deh ya~ Pelisss.. pelisss... pelissshhhhhhh~ #BiarSherlySeneng


p.s. :


  1. PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) adalah salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa kependidikan. Diambil pada semester akhir (biasanya 7 atau 8). Ngapain aja? Ya mahasiswanya magang di sekolah-sekolah selama jangka waktu tertentu. Termasuk berlatih mengajar di depan kelas.


-sptw
  






Lokasi: Malang, Malang City, East Java, Indonesia

24 komentar:

  1. Seru juga ya memilih pilihan tempat PPL secara online
    Jadi ga perlu rebutan di kampus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih. Jadi ada sensasinya sendiri. Emm... emang tempat lo kuliah gak online gitu milih sekolahnya? :O

      Hapus
  2. akhirnya dapat di wilayah galau. enggak sekalian ppl di luar kota aja mbak sher? haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... gue udah cinta sama sekolah ini masalahnya tur ^^^

      Hapus
  3. Sherly, dirimu kuliah apa siiih? Ambil jurusan pendidikan yaa? *kepo*

    Semangat yaaaak! aku baca tulisan kamu ngakak guling-guling. Keingetan dulu jaman kuliah (padahal mah nggak PPL, tapi KKL)....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha Tya kepooo.. Iya gw pendidikan. Ntar lah ah gw cerita di post selanjutnya.

      duh, udah lepas dr jeratan kampus enak banget yaakk >.<

      Hapus
  4. Hai hai aku dulu juga PPL tapi sekolahnya dipilihin sama Jurusan berdasarkan kemampuan mengajar ;*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai jugaaa ^^ wah, sekolahnya dipilihin sama jurusan? kalo jurusan gw sih tergantung mahasiswanya. kapan-kapan bisa saling sharing juga kali ya pengalaman PPL nya ^^

      Hapus
  5. hai sherly kuliah pendidikan juga ya
    dulu aku juga jurusan pendidikan juga, ppl ngajar smp labschool *fyuuh*
    badewei aku follow blogmu ya

    www.febifebriany.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih Feb. Wihhhhh di labschool ya dulu? Gimana rasanya :D

      Huoooohh~ makasih ya difollow sama Febi. Ntar gw mau main ah ke blog lo :*

      Hapus
  6. Waahh.. cap-cip-cup "aja" seru gitu yah.. salut dah masih sempat mikirin maskeran..wkwk.. Kocak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya seru, gimana kalo niat ya :D

      Hapus
  7. Jadi penasaran SMA mana, secara SMA di Malang banyak.. :D

    BalasHapus
  8. Kamu lucu bgt sih, dek ((DEK)) *tutupin umur*
    selamat yaa, mungkin memang ada imbas positif milih sekolah sambil maskeran ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha banyak banget mah imbas nya. Tp gue gak nyesel milih sekolah itu :))

      Hapus
  9. Hahahha semangat Mbaaak, milih sekolahnya kayak rebutan sembako banget sih. Kuliah di UM kah Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya :) takut ketinggalan jatah beras sembako nih >.<

      Hapus
  10. Hi sherly, dah saya follow ya blognya. Aku juga pernah ngerqsain ppl pernah aku posting juga, ada juga siswa yang ngomong "kak tunggu ya nanti lulus aku jadi akpol" wkwkwk... sampek gulung2 tertawa nya. Kadang juga sebel ada yang di jelasi gak nyantol nyantol. Have fun ya di ppl nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, udah kelar kok Ul PPL nya. Dan rasanya kangen loh ngajar mereka lagi :')

      Hapus
  11. Hai sherly, trimakasih udah mampir ke blog aku.
    Kamu kuliah di Malang ya, pendidikan? Waaah sepertinya kita kuliah di tempat yang sama, apalagi baca cerita kamu itu PPL rebutan online (keinget aku juga gitu, dulu masih PPL, skg adik tingkat ku udah nyebutnya KPL) :D
    Salam kenal, aku follow G+ kamu yaaa :D

    www.vidazenitha.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, sama sama Vid ^^

      Wah, mungkin kali ya :D Iya nih, sebenernya ya namanya KPL tapi gue lebih sreg dengan PPL.

      Makasih udah di follow yaaa G+ nya :*

      Hapus

Gimana? Asik gak bacanya? :))

Nggak usah jadi silent reader mulu. Biar lebih akrab sama Sherly, makanya sering komen dan main disini gih. Nggak ada verifikasi katanya kok (tapi tetep SOPAN dan NO SARA yes!)

Komentar kalian senantiasa gue baca. Sherly mah apa atuh, tanpa komentar kalian.. blog ini hanyalah butiran debu semata :"

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com