01/12/13

Ngemil Itu Susah Banget Dikontrol!

Minggu, 1 Desember 2013
@kamar kos bendungan wlingi


Sebelum mulai, gue tanya dulu. Ngaku deh! Siapa aja diantara pembaca (khususnya cewek) yang sekarang lagi dalam program diet? Loh, kok nggak ada yang angkat tangan? Nah, kenapa malah nyengir? Hayoooo~

Hahaha, mesti deh. Tuh kan..tuh kan.. Ada aja satu-dua cewek yang malu-malu kucing. Bener 'kan?

Oke. Biarlah kalau nggak mau terang-terangan mengakuinya. Tapi sekarang, mendingan dibaca dulu celotehan gue ini. Yuuukk..
sumber gambar: arolemodel.com
Cantik dan langsing.

Dua kata itu seakan menjadi suatu keagungan besar bagi para kaum hawa. Gimana enggak? Jaman sekarang, kedua hal itu biasanya akan menjadi the first thing yang bakalan diliat. Hem, yaah..walaupun banyak juga yang ngeles dan bilang kalau tampang bukan jaminan. Tapi loh ya, biasanya kan orang-orang akan lebih tertarik memulai percakapan apabila ia menarik untuk dilihat. Well, walaupun itu nggak secara keseluruhan.

Salah satu cara paling umum yang dilakukan bagi kaum hawa untuk mempercantik dirinya adalah dengan diet. Ya. Diet biasanya dilakukan apabila si cewek merasa dirinya terlalu gemuk (walaupun bagi orang lain tidak) atau emang sudah kelihatan banget gemuknya. Namanya juga cewek, keliatan gendut dikit langsung muram seharian dan pasang status: aduuuh, aquh koQ rada enDut'an eYapz? x_x

Biasanya sih, daripada repot-repot ke ahli gizi, si para pelaku diet ini langsung merombak total asupan hariannya. Mulai dari yang makannya rutin 3x sehari, langsung berubah drastis jadi 1x sehari. Yang tadinya ogah-ogahan jogging, jadi mulai rutin. Yang tadinya doyan banget hunting kuliner tiap akhir pekan, jadi mengurangi aktivitas berburunya tersebut.

Tapi loh, TAPI!

sumber gambar: bebas-baca.blogspot.com
Satu hal yang paling bisa menggoyahkan iman saat sedang berdiet, yaitu NGEMIL! 

Bener, kan? Coba deh tanya siapa aja yang lagi diet. Hasrat ngemil itu serasa meluap-luap gak karuan. Tiba-tiba jadi pengen nyomot donat di meja makan, pengen meraup segenggam keripik dari toples, kepengen... Aaahhhh~~~

Gue sendiri ya, sesekali juga melakukan program diet (walaupun kata temen, badan gue udah bagus, nggak usah dikurusin lagi *alhamdulillah). Biasanya sih gue berdiet kalau angka di timbangan itu udah naik hingga 1-2 kilo. Bah! Yang namanya cewek ya, kalau ngeliat angka di timbangan nggak beres --mungkin yang nggak beres itu badannya, bukan timbangannya-- mesti langsung bete. Tapi, kalo sekali diet terus turun, mesti bakalan melonjak kegirangan (seperti cerita gue soal diet, baca disini)

Diet, biasa gue mulai dengan mengurangi porsi nasi. Mengurangi loh ya, bukan meniadakan sama sekali! Gue itu tipe orang Indonesia banget. Kalau belum makan nasi, belum disebut makan. Yah, walaupun mau sok-sok an ganti karbohidratnya dengan yang kompleks macam roti gandum, oatmeal, kentang, ubi, dsb.. Tapi perut gue ini bakalan langsung klop kalau udah ketemu sama nasi. Hwahaha..perut orang Indonesia banget!


sumber gambar: harianandalas.com
Nah, kalau udah mengurangi porsi nasi, berat badan gue biasanya berangsur-angsur turun hanya dalam beberapa hari. Yang jadi masalah itu, kalau gue udah ketagihan ngemil apa aja. Mulai dari roti, biskuit, gorengan, hingga jajanan di pinggir jalan. Kalau udah gitu, bisa dipastiin, berat badan gue bakalan lama banget baliknya. Bisa satu minggu lebih.

Seperti waktu itu, gue lagi bosen. Entah mau ngapain lagi nggak tahu. Ngeliat ada cemilan yang baru aja gue beli, tergodalah tangan ini untuk menyobek bungkus camilan satu persatu. Dan...hap! hap! hap! Tanpa terasa, satu bungkus keripik ukuran besar, sukses gue habisin sekaligus. Belum cukup? Tangan gue pun langsung beralih ke sebungkus roti dan mencuilnya satu demi satu....hingga habis tak tersisa. Perut rasanya udah kenyang, tapi mulut nggak mau berhenti mengunyah!

Gue pernah baca. Diet itu bukannya berhenti ngemil sama sekali, tapi tetap ngemil agar tubuh nggak kelaparan. Tapi yang perlu dicatat adalah ngemil yang sehat. Misalnya ngemil buah dan sayur. Biasakan untuk selalu menyetok buah-buahan, misalnya apel, di kulkas. Selain itu, hindarkan segala bentuk camilan nggak sehat, seperti keripik dan biskuit, agar jauh dari jangkauan mata dan tangan.

Nah loh, kece badai kan tips diatas? Tapi ya.. namanya juga manusia. Ada kalanya kita khilaf dan kehilangan kontrol akibat segala macam godaan di sekitar. Kalau udah gitu ya... Terpaksalah, berat badan naik lagi dan kita harus memulai program diet dari awal~
sumber gambar: doblelol.com

Great! Ocehan gue di awal bulan Desember adalah tentang ngemil-ngemil. Ini mesti karena gue yang udah lama nggak wisata kuliner kesana-sini. Maklum cyin, kan lagi program *eh

Kesimpulan gue, porsi makan nasi emang gampang dikontrol, tapi kebiasaan ngemil itu yang susah banget! Ehm, tapi, hati kamu buat aku nggak susah dikontrol kan? *eh
:D


_SPTW_
Lokasi: Malang, Malang City, East Java, Indonesia

10 komentar:

  1. rakus amat sih! apa apa dimakan malah jadi gendut klo diet ngga kuat nahan pengennya ngemil klo ngga kuat coba deh yang satu ini yaitu puasa daud sehingga nafsu ngemilnya terkurangi dan satu lagi "makanlah sebelum lapar, berhentilah sebelum kenyang" pasti tetep sehat dan langsing deh he..he..

    BalasHapus
  2. wahhh kebiasaan cwe bgt ngemil

    BalasHapus
  3. gw cowo, dan gw juga juga suka banget ngemil *sial -_-
    karna ngemil bisa ngebantu gw buat nyari inspirasi terutama saat nulis blog ._.

    BalasHapus
  4. @Muhammad Khoirudin : Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang.. emm,, kalo gue lapar mulu dan nggak kenyang-kenyang? Hehehe...

    @Ucu Nurodin: Hihihi..jadi ketahuan ya. Emang sih, walaupun banyak cewek ngaku kalau lagi menjalani program diet, tapi bisa aja loh diem-diem ngumpet dan ngemil sembunyi-sembunyi sanking nggak kuatnya menahan godaan ngemil :p. Huahahahaa~

    @Simon: Sama bro! Kalo ngeblog ditemani camilan, otak serasa langsung connect dan inspirasi gampang banget datang. Lebih-lebih kalau ngeblog pas hujan, ditemani secangkir teh/kopi, kue-kue manis, keripik kentang, kacang goreng dan.... Nah loh! Kenapa gue malah mikirin cemilan-cemilan nih? x_x

    BalasHapus
  5. diet di depan teman teman tapi balas dendam ketika sendirian #ups hehe

    BalasHapus
  6. @Rafi : Hihihi.. itulah manusia. So simple :p Makanya itu, kalo diet lebih enak kalo rame-rame bareng temen, jadinya semua pada saling menyemangati satu sama lain

    BalasHapus
  7. ia tapi suka heran deh kalo makan nasi palin 1kali sehari v badannya itu lo subur aja beda ama cwo

    BalasHapus
  8. @Ucu : aaahh.. itulah yang gue heranin juga

    BalasHapus
  9. Cemilan udah jadi makanan pokok kayakNya :D

    BalasHapus
  10. Sudrajat : Wih, makanan pokok banget tuh :P dan itu tuh yang menyebabkan berat badan gak kunjung turun walopun kadang udah olahraga seintensif mungkin. Hih, emang cemilan gak sehat itu biang kerok nya berat badan bertambah ya bro ._.

    BalasHapus

Gimana? Asik gak bacanya? :))

Nggak usah jadi silent reader mulu. Biar lebih akrab sama Sherly, makanya sering komen dan main disini gih. Nggak ada verifikasi katanya kok (tapi tetep SOPAN dan NO SARA yes!)

Komentar kalian senantiasa gue baca. Sherly mah apa atuh, tanpa komentar kalian.. blog ini hanyalah butiran debu semata :"

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com