24/08/13

Antara WIB dan WITA

SABTU, 24 AGUSTUS 2013
@kamar kos bendungan wlingi
time : 14.27


sumber gambar : www.kabar24.com
Setelah hampir tiga bulan lamanya berlibur di Bontang, kini gue udah balik lagi ke tanah rantau. Zona waktu gue akhirnya berubah kembali ke waktu semula, dimana hampir belasan tahun lamanya gue menggunakan zona WITA (Waktu Indonesia Tengah), dan kini setelah tiga bulan lamanya, harus beradaptasi kembali dengan si WIB (Waktu Indonesia Barat).

Oh, ngomong-ngomong soal zona waktu, ada kejadian menarik yang bikin gue senyum-senyum sendiri. Kejadian ini melibatkan gue dan seorang temen --nggak akan gue sebut namanya--

Yah, semua tahu kan kalau Indonesia itu wilayah waktunya terbagi menjadi tiga. Yakni WIB, WITA dan WIT, dimana masing-masing zona waktu tersebut ada perbedaan waktu antara satu dengan yang lainnya. Walaupun berbeda waktu, namun tentu saja takkan berbeda tanggal kalender --kecuali kalau mau masuk pergantian tahun baru--

Bontang, yang termasuk bagian dari wilayah Provinsi Kalimantan Timur, mendapat zona WITA. Sementara tanah rantau gue selama kuliah, Malang di Provinsi Jawa Timur, kebagian zona WIB. Tentu aja, adanya perbedaan waktu selama satu jam membuat gue yang di masa-masa awal harus beradaptasi.

Oke, langsung aja ke TKP ya...

Siang itu --gue lupa lagi ngapain-- tiba-tiba aja ponsel gue bunyi. Dari bunyi doraemon yang terdengar, gue tahu kalau itu pertanda ada sms masuk. Sebenarnya bahagia juga mendengar benda itu bunyi, sebab selama liburan, ponsel gue tuh jarang banget bunyi. Entahlah, mungkin si ponsel juga pengen rehat sejenak.

Setelah masuk ke inbox, ternyata salah satu temen gue pas kuliah nge-sms gini:
awal mau nge-bales sms, gue agak bingung. ngapain nih anak nanya tanggal?
Bener deh. Gue heran dalam hati, apakah kalender di rumahnya hilang sehingga rela-rela nge sms gue yang berada nun jauh di pulau seberang hanya untuk bertanya tanggal?

Setelah itu, gue bilang kalau tanggal 19 juli. Terus dia nanya jam. Ya gue jawab aja sesuai pengatur waktu yang nongol di ponsel.

Terus, dia bales gini:

di gambar terlihat kalau jam gue jam 11, sementara jamnya dia jam 10
Karena gue pernah bilang bahwa kota gue dan kotanya dia berbeda waktu, gue pun balik sms:
memastikan? Oh, men!
Setelah ngobrol lumayan panjang, akhirnya dia ngerti juga kalau kami berbeda dan tak mungkin bersatu dalam ikatan cinta zona waktu. Dalam hati, gue pun memaklumi hal ini karena ya... bisa aja kan dia nggak tahu wilayah mana aja yang masuk WIB, dan mana yang masuk WITA. Hehe, oke, fine. Gue maklumin lo kok sob!

Bener. Gue memaklumi temen gue ini karena dia pernah cerita kalau dia nggak pernah liburan ke pulau lain, selain hanya menetap di Pulau Jawa. Berbeda dengan gue yang udah ngerasain Pulau Kalimantan dan Pulan Jawa. Jadi, soal zona waktu kali ini, gue hanya bisa menyunggingkan senyum sambil tertawa cekikikan kalau mengingatnya.

Oh, dear!

Bener juga. Kalau zona waktu gue udah balik ke WIB, itu artinya masa liburan gue tinggal menunggu waktu. Sebentar lagi kampus gue akan menyeret-nyeret mahasiswanya untuk balik kepada mereka dan kembali berkutat pada buku kuliah. Sebentar lagi, gue akan bertemu dengan dosen-dosen baru pada mata kuliah yang baru pula. Sebentar lagi gue akan...

Oke, cukup.

Kabar baiknya, gue bisa bertemu temen-temen lagi. Bisa bercandaan, ngegosip, dan nyeritain hal-hal lucu selama liburan. Gue juga bisa bertatap muka lagi dengan 'geng' tercinta, Gangster, setelah tiga bulan lamanya jarang kontak-kontakan. 

Oke, setelah menghibur diri dan mengingat kenangan masalah zona waktu ini, mari kita kembali berkuliah. Baibai... *sambil dadah-dadah*


Pesan penting kali ini:
Kalau punya temen dari belahan waktu yang berbeda, mending dikonfirmasi dulu deh kalau waktu di rumahnya dia dan rumah kita berbeda :D


_SPTW_
Lokasi: Malang, Malang City, East Java, Indonesia

5 komentar:

  1. Kalo buka puasa berarti lebih cepat dong ya di Bontamg... asek

    BalasHapus
  2. kalo di tempat saya ngikutin WIB...hahaha lucu juga ceritanya, ingat saya waktu ke Banjarmasin, di Banjar pake WITENG, sempat kebingungan saya nya.

    BalasHapus
  3. Mel : ehehe, kalo diliat-liat sih sebenarnya sama aja Mel. Di bontang maghrib sekitar jam setengah 7 an. Di malang jam setengah 6 an. Yaa kalo misalnya Mel sahur di zona WIB, terus buka di zona WITA, nah! Itu baru enak Mel :D

    TCC Sampit : WITENG, ehehe... bisa aja dah singkatannya. Emang di tempat asal pakai zona WIB ya? BEh, tapi bener loh. Waktu nerima sms gitu, gue sampai ternganga sanking herannya.

    BalasHapus
  4. kalo naek pesawat yang asik sher, berasa naek mesin waktu. ke sby cuma lima menit aja :3
    tapi kalo sby-lombok rasanya jadi lamaaa banget :'(

    oya, jam hapeku malah ga pernah bener. waktunya ngikutin WIT :DDDD
    sampe kalo ada temen yg ngliatin jamku langsung pada kaget... hahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya sih semua sama-sama lama, hanya 'waktu' di jam doang yang berasa bentar >.< gw belum pernah coba dari zona WIB ke WIT.. pasti asik deh ya tuh liat perubahan di jam :D

      Laaaah... kok ngikutin WIT, Hul? -_-

      Hapus

Gimana? Asik gak bacanya? :))

Nggak usah jadi silent reader mulu. Biar lebih akrab sama Sherly, makanya sering komen dan main disini gih. Nggak ada verifikasi katanya kok (tapi tetep SOPAN dan NO SARA yes!)

Komentar kalian senantiasa gue baca. Sherly mah apa atuh, tanpa komentar kalian.. blog ini hanyalah butiran debu semata :"

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com