22/03/14

Ketika Botol Kecap Pun Bergoyang

SABTU, 22 MARET 2014
time: 17.14 


Cerita ini dibuat karena akhirnya gue mengalami kejadian unik pertama yang akhirnya dirasain di tanah rantau XD

Malem itu, ceritanya gue lagi sibuk-sibuknya belajar. Maklum, lagi musim UTS dan para dosen udah berlomba-lomba nagih jawaban dari mahasiswa terkait pertanyaan 'kapan mau nikah ujian?'

Berhubung gue adalah mahasiswa rajin dan pandai menabung, jadinya gue giat banget bikin contekan belajar dan bolak balik buku materi. Ngapalin rumus inilah, itulah... dan hem, mungkin sambil bikin catatan kecil (?) *bisa kali ye dibaca contekan :p

Daripada bosen belajar sendirian, +Intan Utomo , temen sekos yang kamarnya tepat di sebelah kamar gue, akhirnya ikutan belajar bareng di kamar gue. Walaupun kami belajar materi yang berbeda, tapi kalau belajar berdua suasana lebih asik dan nggak gampang ngantuk! Hehe... Gue belajar sambil bersandar di tempat tidur, sementara Intan bersandar di deket pintu.

Disela-sela asiknya belajar sambil ngobrol, tiba-tiba Intan berdiri dan berjalan ke luar kamar serta memandangi lantai bawah (sebagai catatan, kamar kos kami ada di lantai dua). Gue pun cuma ngelirik Intan sekilas, kemudian ngelanjutin baca buku.

"Sher... Sher..."

"Apa, Tan?"  (masih tetep baca buku)

"Gempa, Sher..."

Tentu aja, sebagai orang normal, gue refleks menghentikan aktifitas dan menoleh ke Intan. Gempa? Mana gempanya? Tenang gini kok, pikir gue. 

"Sher, itu...", kata Intan 
sambil nunjuk-nunjuk botol kecap kosong kepunyaan gue 
yang ditaruh di rak atas.

Gue masih aja belum ngeh sama aksi tunjuk-tunjukan Intan. Akhirnya gue diem sejenak dan.... yaps! Sesaat kemudian, gue ngerasain goyangan kecil selama dua detik, disusul oleh air di galon yang ikutan goyang, plus ranjang tempat tidur yang ikut berdendang.

"Iya, Tan! Gempa!", kemudian dengan panik gue berdiri dan keluar kamar, sambil berdiri di sebelah Intan yang terlihat pucat (tapi tangan tetep megang buku :D)

Sedetik kemudian, area rumah kos agak riuh. Beberapa anak keluar kamar sambil heboh nanyain apa bener yang barusan itu gempa (waktu gue udah keluar kamar, goyangan gempa udah nggak berasa lagi).

Setelah lumayan tenang, gue sama Intan pun balik masuk ke kamar dan heboh berkomentar sana-sini. Intan bilang dia udah merasakan goyangan gempa kurang lebih 30 detik-an, dimulai dari dia yang tiba-tiba berdiri sampai akhirnya dia manggil-manggil gue. Sementara gue? Nyadar goyangan gempa cuma 2 detik, itu pun kalo nggak 'disadarkan' oleh Intan, gue nggak bakal tahu.

"Sher, pas keluar kamar, aku udah ngerasain ada gempa. Tapi aku heran, kok anak-anak lain pada tenang aja. Nggak ada riuh sana-sini atau gimana. Apa aku yang salah ngerasain atau gimana?", celoteh Intan.

"Trus, kenapa nggak ngasih tau langsung?", tanya gue.

"Ih, gimana mau ngasih tau? Aku aja udah panik nggak bisa ngomong. Makanya aku langsung nunjuk-nunjuk kecapmu yang goyang-goyang,"

Gue pun langsung ngakak. Well, emang sih. Kalo orang udah panik, mau ngomong pun sampai susah, kayak si Intan ini.

sumber gambar : makassar.tribunnews.com
Setelah itu, gue pun mutusin buat nyari kabar terbaru, apa bener goyangan yang barusan gue alamin itu beneran gempa. Gue pun langsung ngelirik timeline twitter. Dan bener aja, sejumlah orang yang tinggal di kawasan Malang bertwit ria tentang goyangan yang baru aja mereka alamin. Ternyata, se-Malang Raya ngerasain semua! Gue pun langsung cari-cari berita lain untuk memastikan. Dan ternyata bener aja, sekitar tiga puluh menit kemudian, ada portal berita yang menyatakan bahwa memang benar terjadi gempa.

Perasaan gue?

Gue sedikit shock...

Oke, setelah gue telusuri, gempa yang waktu itu gue rasakan kekuatannya  berkisar 5,4 SR, terjadi saat tanggal kalender gue diem di posisi 9 Maret 2014 dan sewaktu jam dinding di kamar gue menunjukkan waktu sekitar jam 9 malam kurang 10 menit-an.
sumber gambar : portalmadura.com
Maklum lah ya, karena gue berasal dari pulau seberang yang nggak ada gunung aktif dan nggak berdekatan dengan lempengan yang menyebabkan timbulnya gempa, jadinya gue nggak pernah ngerasain goyangan-goyangan itu. Hwahaha... pertama kali men! *heboh sendiri*

Entah kenapa, tapi akhir-akhir ini di sekitaran Jawa Timur suka banget bencana-bencana. Tengok aja Gunung Kelud yang kemaren itu meletus. Wih! Keluarga gue sampe ngehubungin buat tau kondisi disini. Untung aja waktu itu anginnya nggak menuju ke Malang kota, jadinya gue nggak ngerasain hujan abu. Padahal, hujan abunya udah sampe Jogja dan gue yang di Malang kota nggak kena sama sekali :") Sungguh beruntung~

Semoga aja nggak ada lagi ya bencana-bencana yang terjadi. Walaupun ada yang terjadi, semoga nggak sampai menimbulkan korban jiwa. Dan, ini yang penting, kita jadi diingatkan akan kebesaran-Nya. :)


_SPTW_


18 komentar:

  1. Wah,, untung jangan sampe gempa.. kl di kota saya orang-orang malah pada trauma gempa lo mba, kejadian 30 sept 2009.. kl bisa jangan sampai terjadilah, banyak-banyak berdoa saja :)

    BalasHapus
  2. di daerah asalku juga kerasa banget, kakak...

    BalasHapus
  3. @Hari : untung gempanya cuma kerasa dikit goyangannya. nggak heboh-heboh banget gitu bang. ngomong-ngomong, kotanya bang hari dimana ya? ehehe..

    @Tri : iya mbak? dimana daerahnya?

    BalasHapus
  4. Hahahaha diksi sama penulisannya mirip Raditya Dika kk, keren abis lah.

    BalasHapus
  5. Kota saya di Padang - Sumatra Barat mba :)

    BalasHapus
  6. @Leonardus: Oh ya? Ahahaha, padahal gue gak ada niat mau mirip-mirip loh. Tapi, makasih udah dibilang keren. ini orangnya apa tulisannya yang keren ya? hihihi...

    @Hari : Oh, iya.. iya.. yang gempa itu lumayan juga. gak bisa ngebayangin kalo gue harus mengalami goyangan gempa sebesar itu..

    BalasHapus
  7. sayangnya loe cuma merasakan sensasi gempa selama 2 detik -_- *late comment

    BalasHapus
  8. @Ryan : duh, jangan lama-lama kali beb ngerasain gempanya. dua detik aja bikin gue shock x_x gimana kalo bermenit-menit ngerasain?

    BalasHapus
  9. untung saja gempanya tidak sampai menimbulkan kerusakan dan korban jiwa yah mbak, ngeri juga sih kalau ada gempa bikin shock dan gemetaran :)

    BalasHapus
  10. Dulu yang waktu gempa jogja mbak saya juga begitu orang semua rame saya sendiri nggak ngerasain adanya gempa..
    aneh ya kok bisa nggak terasa padahal kuat lho

    BalasHapus
  11. @Anthonie : iya, untungnya begitu :D sesaat setelah gempa gue ngerasain sedikit pusing sih, mungkin efek shock. ehehe

    @Jenx : duh, kita sama ya. Hihihi... mungkin kita nya yang nggak begitu peka sama si gempa, padahal si gempa udah ngasih kode ini-itu XD *lah, kenapa ngomongin kode-kode an?

    BalasHapus
  12. keinget pas gempa di jogja, kopi dalam cangkir pun bergoyang sampai tumpah

    BalasHapus
  13. @Aden : nah, kita sama! kalo gue botol kecap yang goyang, kalo lo kopi dalam cangkir yang goyang :D. tapi, lo nya nggak kenapa-kenapa kan pas gempa itu? baik-baik aja kan?

    BalasHapus
  14. nice postingannya hehe lucu jugaa tapi beruntung banget ya untung ada botol kecap lagi goyang gue tau pst itu speechless langsung. btw jadi pengen ngerasain gempa juga(?) hahaha sejauh ini belom pernah...

    BalasHapus
  15. @Nana : hwahahaha.... speechless? iya, gak salah lagi na! Duh, gue cukup sekali deh ngerasain goyangan gempa. Nggak mau dua kali. Loh na, emang lo tinggal dimana? Belum pernah ngerasain gempa ya?

    BalasHapus
  16. Pas waktu gempa itu sher, ak udah tidur. Dan besoknya ak cuma melengak melengok doang. Bingung orang lagi ributin apaan.. Haha.. Kita sama2 dari daerah yg ehem ehem. Bebas bencana. Jadi wajar kalo kita sedikit agak kagok klo ad yg kyak begituan. Hehe..

    BalasHapus
  17. @Fathur : lah, lo pas dimana itu tur? di malang? bontang?.. ehehe, iya tur, jadi dimaklumin aja kehebohannya. tapi si Intan itu juga biasa gempa dan dia juga heboh gak karu-karuan kok :D

    BalasHapus
  18. ya di malang, aku gak ngerasain gempa karena aku udah tidur.. hehe

    BalasHapus

Gimana? Asik gak bacanya? :))

Nggak usah jadi silent reader mulu. Biar lebih akrab sama Sherly, makanya sering komen dan main disini gih. Nggak ada verifikasi katanya kok (tapi tetep SOPAN dan NO SARA yes!)

Komentar kalian senantiasa gue baca. Sherly mah apa atuh, tanpa komentar kalian.. blog ini hanyalah butiran debu semata :"

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com