19/02/15

Healthy? It's a Must! Get More Slim Body? It's a Bonus!

KAMIS, 19 FEBRUARI 2015
@Malang, Jawa Timur, Indonesia


Ini udah 2015 ya? Masa kembang api tahun baru-an udah lewat ya? Fix! Gue lama banget gak update cerita di tulisandarihatikecilku.blogspot.com , Hehehe... Baiklah, gue nggak mau beralesan macem-macem, karena alesan ter-mainstream gue adalah karena kesibukan. Titik.

Jadi, apa yang mau gue bagikan pada kalian, para sahabat dunia maya, dunia nyata, dan dunia gaib kali ini? Yap! Salah satu resolusi tahun baru yang sebenernya bukan hal baru sih, karena hampir tiap hari, sepanjang tahun pula, gue selalu melakukannya.

HIDUP SEHAT dengan DIET berbonus badan LANGSING. *iye, itu gue sengaja capslock biar keliatan jelas*

Kalian yang mampir kesini, mungkin awalnya ada yang sekedar pake keyword: diet, cara langsing tanpa olahraga, diet sehat, dan lain sebagainya. Hihihi... Semoga kalian yang kesasar disini gak menyesal ya ^^ Disini gue cuma cerita tentang apa aja yang gue lakuin kalo mau lebih sehat, dengan bonus badan langsing dan timbangan yang bersahabat di mata. Kalo kalian mau cari tahu resep diet sakti tanpa-olahraga-tapi-makan-banyak-dan-ngemil-segudang, sorry, bukan ini tempatnya.

Oke. Gue langsung cerita ya? Sudah cukup kan intro-nya??
 
Jadi begini. Gue akui. Pola hidup gue yang sekarang lebih sehat dari pola hidup gue yang dulu. Dulu gue suka sembarangan kalo makan. Nyomot inilah..itulah.. Apa yang dihadapan mata langsung disambar tanpa pikir panjang. Suka fast food, soda, dan segala jenisnya.

Tapi, kok sekarang gue beda banget ya?

Sekarang itu, apalagi semenjak jadi anak kos, gue lebih berpikir untuk menjadi lebih sehat. Kalo makan nasi, nggak suka kalo 'kering'. Misalnya, kalo makan nasi+telur goreng. Gitu doang gue nggak suka. Mesti ditambahin sayur, entah sayur bayam atau sayur apapun itu. Pokoknya, kalo makan nasi mesti ada sayur dan lauk pauknya. Kalo orang lain biasa makan nasi didampingi dengan sayur dan lauk, gue beda. Makan sayur didampingi nasi! Hahaha... habisnya, porsi sayur bisa setengah piring, sementara nasinya cuma seperempat doang.
kayak gitu kira-kira porsi gue --via learningzonexpress.com
Iya. Sampe temen kampus gue terheran-heran dengan porsi makan gue kalo lagi istirahat. Sering banget ada yang nanya gini:
"Sher, cuma makan sayur? Mana nasinya?"
"Wah, kamu makannya banyak ya ternyata?"
Ehehehe... ya! Sering banget ditanyain gitu. Apalagi kalo liat piring gue yang tampak penuh. Tapi, lebih sering penuh karena sayur-mayur, bukan nasi. Jadi, nasinya cuma beberapa sendok, tapi sayurnya bisa bersendok-sendok. Sohib Gangster terketjeh gue, +Tutur Taliningsih+anggi mega , dan si emak +katherine kosim sampai udah hapal sama kebiasaan ini.
"Iya, Sherly itu makannya nasi cuma dikit. Tapi sayurnya banyak!"
"Sher, gue pengen pangsit/tahu campur/bakso/tahu telor deh. Lo pengen sekalian gue pesenin gak? Ahelaaahh... salah gue nanya lo. Lo itu mesti makanan favorit ya nasi+sayur. Apalagi coba?"
Yep, gaess.... Gue emang cinta sama sayur. Kalian tahu sendiri laaah~ Btw, yang temen gue namanya Ket itu gak doyan banget sama sayur. Jadi, kalo gue lagi makan (gado-gado, misalnya) pasti gue iseng nawarin, dan dia langsung bilang: OGAH DEH SHER. MAKASIH!

Gorengan? Say No For That!

Gue lebih memilih makanan yang direbus dan dikukus, daripada digoreng. Gue bakalan nahan iman kalo udah ngeliat yang digoreng-goreng pada di depan mata. Misalnya, sebangsa jajanan gorengan (pisang goreng, tempe goreng, tape goreng, tahu goreng), sebangsa lalapan (lalapan ayam krispi, jamur krispi), nasi goreng, dan lain sebagainya. Gue mencoba untuk menahan tidak mencicipnya.
nikmat gorengan mana lagi yang engkau dustakan, duh :') --via sebandung.com
Tapi, kalo lagi pengen banget??? Ya, boleh deh satu-dua biji ^^ biar nggak ngiler-ngiler banget gitu... Tapi, tahu sendirilah. Di kantin, ada yang jual gorengan enak bangettt... Jadi, gue masih suka khilaf comot sebiji-dua biji gorengan.

Air Minum dan Buah? Selalu!

like a heaven... --via novystefanipratiwi.blogspot.com
Gue yang dulu jarang minum banyak dan mengonsumsi buah. Sekarang? Hampir tiap pagi setelah bangun tidur, selalu menyempatkan diri buat minum air hangat (kadang ditambahin madu), terus sepanjang hari selalu mengisi perut dengan air minum. Buah? Wah, jangan ditanya lagi! Tiap hari sebisa mungkin harus ada buah yang masuk ke perut. Entah dalam bentuk buah potong, jus segar, hingga rujak buah. Kalo emang gak ada buah yang masuk? Ya... berarti besoknya gue mesti makan porsi buahnya dobel. Andai aja kos gue ada kulkasnya, mesti udah nyetok banyak buah deh :")

Soda? Stay Away From Me!

Gue dulu suka beragam jenis minuman bersoda. C*ca col*, Spr*te, F*nta, P*psi, dan juga semisal soda gembira. Duh, gue suka banget! Apalagi kalo misalnya gue minum F*nta, kan warnanya merah gitu, terus gue suka campur sama susu bubuk dan ditambah es batu, terus diaduk. Rasanya? Huwaaah, mantaap!
ngeliatnya aja udah bikin pengen jilat-jilat layar sendiri --cr on pict

Sekarang? Hehehe, jangan harap gue mau menyentuh jenis-jenis minuman itu. Selain tinggi gula, juga bikin tulang cepat keropos serta berperan besar dalam penambahan berat badan >.< Its a BIG NO!
susah baca karena full english? coba deh dipakein kamus bacanya --via achoels.wordpress.com
Kalo akhirnya gue terpaksa minum soda? Yaa... icip dikit aja, habis itu minum air mineral yang banyak.

Fast Food? Please...

Kalo disuruh milih makan di restoran cepat saji macam KF*, P*zza H*t, McD*nalds, gue lebih milih makan nasi pecel deh. Emang sih.. burger, ayam goreng, kentang goreng, pizza... menggoda sekali buat disantap. Renyahnya ayam goreng dilapisi tepung, kentang goreng asoy yang dicocol pake sambel botolan, lelehan keju di tiap potong pizza yang...ah~
Ayam Goreng Tepung Renyah ala KFC
ngiler? gue sih enggak --cr on pict

Tapi kemudian gue inget kalo semua makanan itu tinggi garam dan (ini yang paling gue benci) juga bisa nambah angka di timbangan makin naik.

Tapi, sesekali gue makan juga kok. Tapi kalo ada event khusus doang. Ditraktir, misalnya? :D

Dan benci-fast-food juga salah satu ciri khas gue. Pernah itu salah seorang temen mau ditodong traktiran ulang tahun, terus nanya-nanya tempat enak buat makan. Kemudian ketika nanya usulan dari gue, langsung aja gue jawab: "Pokoknya bukan fast food! Bukan KF*, bukan Mc*, bukan Pizza H*t dan sejenisnya!"

Kemudian dengan diselingi humor, temen yang lain nanggepi
"Iya, Sher. Ntar kita beliin nasi pecel, trus dibungkus dan dimakan di KF*, gimana?"

Cemilan lucu nan manis bin menggairahkan nafsu?

Gue sebisa mungkin enggak nyetok cemilan di kos. Entahlah. Tangan dan mulut ini tipe yang gatal banget kalo liat cemilan yang masih nangkring unyu di kamar. Awal-awal masih bisa tahan godaan. Lama kelamaan... ehm, gak terasa tangan ini terulur buat nyicip sekeping...dan kemudian habis sebungkus. Huaaaaaahhhhhhh *mewek di pojok kamar* *ngelusin perut* *jadi anti timbangan*

aaakk... cewek mana yang bisa tahan dari godaan ini? --via foodspotting.com
Daripada cemilan kaya gula-lemak-margarin dan aneka ragam lainnya begitu, gue lebih suka cemilan tradisional Indonesia a.k.a jajanan pasar! Walopun tetep manis-manis, tapi seenggaknya lebih sehat lah.
jajanan pasar. suka? gue sih suka pake banget! --via vemale.com
Kenapa ya gue bisa berubah jadi lebih sehat gini?

Ah, mungkin gegara gue sering baca artikel kesehatan. Kalo lagi bosen, gue bukannya asik buka akun social media, tapi lebih milih browsing soal beragam tips sehat. Gue jadi tahu, kalo pagi hari sangat baik untuk langsung minum dua gelas air mineral. Trus gue juga tahu kalau waktu makan buah yang baik adalah saat perut kosong, bukannya habis makan besar. Lagipula, pola makan gak sehat bakalan bisa mengikis kesempatan kita hidup di dunia :)) Dan masih banyak lagi tips kesehatan yang lain. Mau tahu? Googling sendiri ya! Udah pinter kan? Masa nemu artikel kece gini bisa, tapi nemu artikel kesehatan lain gak bisa? :))

Olahraga? It's a Must!
Pokoknya harus gerak! Mulai jogging hingga aerobic. Mulai nyuci baju, nyetrika, bersih-bersih kamar... Hehehe, itu gue itung jadi olahraga!
senam aerobik. gue cinta banget sama olahraga satu ini --via infosehatonline.com
Dulu, gue kalo olahraga sesekali doang. Hari Minggu. Kalo sekarang? Hampir tiap hari rasanya olahraga. Seminggu bisa 4-5 kali ikut kelas senam aerobic, terus kalo sempet jogging di lapangan atau sekitaran kompleks perumahan.
 
Jadi, hidup sehat kayak apa aja yang biasa gue lakuin, dan makanan apa yang biasa gue santap?

Roti gandum (biasa yang S*ri R*ti atau Mr Br*ad), rujak cingur, gado-gado, siomay, kadang juga makan bakso.
indonesian salad with peanut as dressing (baca aja: gado-gado!!) --via resepmenusehat.com
Terus kalo pendampingnya nasi, gue lebih suka dengan sayur semisal sayur bening, sayur asam, sayur sop (pokoknya menghindari yang bersantan), tempe-tahu (bisa dibakar atau dalam wujud bothok), segala jenis tumisan, ikan (lebih milih ikan daripada ayam).

Buah? Gue sering makan pepaya, bengkoang, melon, jambu biji, pisang.. Pokoknya kalo musim buah apa gitu, pasti gue icip. Kalo minum jus pun gue lebih suka yang murni tanpa campuran apapun, tanpa gula dan susu. Jadi kalo mesen jus jambu ya jambu doang yang diblender sama air (dan penjualnya pun sampe hapal sama kebiasaan gue yang satu ini :D) Semua jus gue hajar deh! Jus jambu, jus melon, jus wortel, jus sirsak... sikat menn~

DAN, gue juga sebisa mungkin menghindari mi instan.
mi instan? slurrpppp *elap iler* *nahan iler* --via vemale.com
Ah, gue juga doyan minum susu. Terlebih susu rasa vanilla/plain. Dan nggak begitu doyan sama yang rasa coklat (rasanya agak 'enek'). Gue juga suka minum sari kedelai. Atau kadang nyeduh sendiri pake air hangat (misalnya H*lo, Anl*ne, atau W*P)
 
---

Demikianlah perubahan yang sudah gue lakuin selama menjadi mahasiswi ketjeh nan cantiek di tanah rantau. Entah ada temen yang mau nyindir ato sekedar curhat macam gini:
"Ahelahh.... sok diet lu! Makan ya makan aja. Gak usah diet-dietan,"
"Gue gak bisa idup tanpa gorengan, ayam kriuk, nasi putih, kue manis, mi instan, soda...." *sanking banyaknya, penulis gak kuat buat nulis lagi*
"Gue gak ada waktu olahraga. Tiap hari pulang sore, terus mesti ngajarin anak asuhan gue buat belajar sampe malam,"
 "Gue maunya sih diet. Cuma gue males olahraga. Terus gimana dong?"

Duh ya, gue no comment deh kalo curhatannya kayak gitu. Katanya mau langsing? Katanya mau sehat? Kok gak ada usahanya? Kok malah ngemil mulu? Kok malah makan mulu? Kok malah..... *dan beribu-ribu kok yang lain* *kemudian gue ditabok karena kebanyakan ngoceh*

Jadi, resep diet gue ya cuma itu. Makan sehat diimbangi dengan olahraga dan no cemil-cemil manis! Tapi, kalo gue lagi PMS, nafsu makan gue bisa membludak hebat dan khilaf makan banyak di hari itu *kemudian elus-elus perut* 

Dan satu lagi. Sejak gue aktif senam aerobic, metabolisme gue lebih baik. Gue nggak gampang capek, masih kuat lari segala macem, dan kalo member senam aerobic lain udah ngos-ngos an di 45 menit latihan, gue masih aja tuh bisa jingkrak-jingkrak segala macem. Sampe ada temen se sanggar senam yang nanya gue gini, "Duh, Mbak Sher. Kok kuat banget loncat-loncat gitu? Gak capek apa?" :))
 
Jadi, berapa berat badan gue sekarang? Dengan tinggi badan sekitar 163-165 cm (tergantung meteran), bisa kalian itung sendiri berat badan ideal yang seharusnya gue miliki. Iya, sekitar 56,5 kg-an. Tapi, sekarang berat badan gue (belum) nyampe segitu. Masih lebih beberapa kilo. Hehehe... But, keep fighting dieters!!!

((Postingan ini sebenernya juga merupakan jawaban dari DIET CHALLENGE antara gue dan seorang sahabat-dari-kecil-yang-sempet-terpisah-jauh-beda-pulau-kemudian-sekarang-satu-pulau-tapi-masih-beda-kota, atau panggil aja namanya Danik (katanya sih dia bakalan ngepost perjuangan diet gimana yang dia lakuin agar bisa turun 5 kilo selama sebulan. tapi dia belum nulis-nulis, ntar gue kasih link-nya deh kalo dia udah nge-post. Atau kalau mau main-main, silakan ke blog pribadinya di danikstories.blogspot.com , masih anget broh blognya, hihihi xD) Gue sendiri? Dalam sebulan selama masa Diet Challenge itu udah lumayan turun 3-4kg, cuma kemudian gegara mens, jadinya nafsu makan naik lagi *duh!))

Mau komen soal pengalaman dietnya? Yuk mari....

19 komentar:

  1. jangan lupa olahraganya sis, ngebantu banget tuh..

    BalasHapus
  2. @herbal pelangsing alami: iya, olahraga itu harus deh pokoknya! no day without exercise deh ^^

    BalasHapus
  3. wah... hobi ame makan goreng.. gmn mau sehat yah hehehe

    BalasHapus
  4. @Eben: yaa seenggaknya makan yang digoreng-gorengnya dikurangin dulu kali ya. Gue pun juga gakbisa langsung stop kok, masih banyak ke-khilaf-an kecil yang gue lakuin kalo udah menyangkut yang namanya gorengan :p

    @Anggi: hehehe... okeeeeey bik!

    BalasHapus
  5. hahaha,, gila sher. aku baca postinganmu ini banyak ketawanya. i like. good. habis baca ini aku jadi mulai coba ngurangin makan yang goreng-gorengan :)

    kamu yang semangat ya dietnya hahahaha.
    terus berbagi cerita yang gokil-gokil kayak gini ya sher. AKU TUNGGU! :)

    BalasHapus
  6. @Fathur: Hahahaha.... makasih udah bisa buat lo terhibur deh ya, Tur. Gue slalu nyoba ngurangin, namun kadang khilaf dikit. Wkwkwkwk..

    Okeee.. oke... saling menyemangati ya! Gue juga selalu nungguin cerita lo yang lain kok ;D

    BalasHapus
  7. waah hebat ya kamu bisa menghindari makanan yang dulu kamu suka,hehe semoga sehat selalu sher :)

    BalasHapus
  8. Kok yg enak enak aja yang jadi pantangan nih... :D

    BalasHapus
  9. ah sherly... tapi aku suka mie instan :(

    BalasHapus
  10. @Devina: Iya, sama-sama dev. Walopun terasa berat sih, tapi demi kesehatan apa sih yang nggak?

    @Raifa: demi kesehatan nih.....

    @Nayko a.k.a Nuris: untungnyaaaaa gw gak suka :D

    BalasHapus
  11. setuju banget sama kamu Sherly.. kalo mau sehat dan bonus langsing, harus usaha, hihihii...
    aku udah gendut banget nih sekarang, mau coba merubah pola makan. mudah-mudahan berhasil ya ^_^

    Amanda writer of www.TipsCantikManda.com

    BalasHapus
  12. setuju banget sama kamu Sherly.. kalo mau sehat dan bonus langsing, harus usaha, hihihii...
    aku udah gendut banget nih sekarang, mau coba merubah pola makan. mudah-mudahan berhasil ya ^_^

    Amanda writer of www.TipsCantikManda.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuoooooo~~ dikunjungin balik sama Manda. Hihihi, makasih Mand.

      Ah, kalo gendut tapi seksi, gimane dongg? :))

      Hapus
  13. Aku olahraga, selalu, setiap pagi, kecuali hari minggu, karena hari itu aku memberikan hadiah pada diriku sendiri dengan tidur lebih lama hahaha...

    Makanan udah lumayan terjaga lah, aku gak rakus untungnya, makan nasi sama sayur sawi pun hayuk lah XD

    http://farrelandmerry.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huehehe.. dikunjungin sama Farrel-Merry ^^

      Gw juga sama! Weekend (sabtu/minggu) biasanya ngasih diri sendiri kelonggaran setelah 5 hari jaga makan ini-itu. Dihari itu gw bakal makan yang biasanya gak bisa gw makan. Semisal icip gorengan/jajanan lain >.<

      Gw juga untungnya suka banget sayur. Bisa 2 porsi sendiri malahan~

      Hapus
    2. Hahaha, hidup sehat bukan berarti kita ninggalin apa yang kita suka kok, bolehlah sesekali ngicip, aku sendiri juga ngasi kelonggaran ke diri sendiri, misal makan snack supermarket yang banyak msg-nya wakakakakak~ sesekali boleh dunk, yang penting gak tiap hari gitu XD

      YOSH! Mari kita berjuang untuk hidup sehat selalu! <333

      Hapus
    3. Iya nih! Karena kalo mesti ninggalin, ntar bakal ngeces sendiri liat makanan gak sehat dan bisa kalap. Makanya, perlu lah dikasih bonus buat diri sendiri ^^

      Hapus

Gimana? Asik gak bacanya? :))

Nggak usah jadi silent reader mulu. Biar lebih akrab sama Sherly, makanya sering komen dan main disini gih. Nggak ada verifikasi katanya kok (tapi tetep SOPAN dan NO SARA yes!)

Komentar kalian senantiasa gue baca. Sherly mah apa atuh, tanpa komentar kalian.. blog ini hanyalah butiran debu semata :"

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com