20/11/15

Diet Mayo yang (Lumayan) Berhasil

JUMAT, 20 NOVEMBER 2015 
@Malang, Jawa Timur, Indonesia 


#FYI, ini latepost ya.. Mayo-an ini udah gue lakuin sekitar bulan September#
Jadi, setelah gue senam aerobik terakhir sebelum KKN (baca ceritanya disini), plus ditambah lebaran… lemak-lemak di tubuh mulai kembali merasuki tubuh gemulai ini. Makan sana sini, nyemil sana sini… dan yak! Dari sebelum KKN (hari terakhir gue nimbang di sanggar senam di bulan Mei) hingga gue ‘tobat’ lagi di bulan Agustus (memutuskan kembali aerobik sekembalinya ke kota rantau), gue takjub ngeliat berat badan gue yang nambah... sekian kilo!!! Duh, pantes aja semua baju rasanya sesak, pipi tambah gembul, dan orang rumah tambah seneng ngeledekin gue yang makin gendut.

Gue berniat diet lagi! Iya! Harus! Percaya deh… Buat balikin porsi makan, kebiasan sehat, hingga semangat aerobik-an tuh nggak mudah! Tiga hari setelah gue balik ke tanah rantau, gue mutusin ikutan lagi senam aerobik dan memulai perdietan. 

Kemudian tanpa sengaja, suatu hari gue lagi scrolling instagram dan nemu akun salah satu temen (sebut aja namanya: Hulya) yang lagi ikut katering diet mayo selama 13 hari. Nah, karena penasaran gue pun pantau terus upload-an foto makanan kateringnya. Nanya ini-itu, di curhatin ini itu.. wkwkwk.. Dia pun ngerasa nggak sanggup di hari ke 10-nya dan akhirnya nyerah. Kata Hulya, dia craving banget sama kue, coklat, dan lain sebagainya. Sempet turun 3 kg, tapi kemudian balik lagi 3 kg.

Melihat hal itu, gue tiba-tiba bertekad pengen ikut diet mayo juga. Berhubung harganya lumayan terjangkau di kalangan mahasiswa, serta jadwal kuliah gue yang nggak padat… akhirnya gue pun mengontak si admin untuk ikutan batch diet selanjutnya. Mau tau akun instagram mana yang gue ikut kateringnya? Ah, makanya maen ke akun ig gue dong. Belum nge-follow? Ah, gak gaulll~ (difollow sekalian jugak boleh: @lhysherly *promosi terselubung*)

Singkat cerita, gue pun mayo-an. Gue males jelasin panjang lebar diet mayo itu gimana. Lo bisa kok search ke eyang Google, trus cari penjelasan tentang diet mayo (yeah, walopun ada beberapa perbedaan antara diet mayo di Indonesia dan diet mayo di US Clinic asli sana).

Intinya diet ini: tanpa garam dan tanpa nasi. Keterangan lebih lanjut silakan searching sendiri :)

Gue kasih lihat aja ya beberapa foto menu kateringannya.
Menu diet hari ke-1: Gue masih semangat makan

Menu diet hari ke-5: Favorit gue banget! Banyak buah soalnya :D

Menu diet hari ke-7: Setengah jalan lagi loh!

Menu diet hari ke-13: Perjuangan pun akhirnya berhasil (dan berakhir~)



Kateringnya diantar antara jam 9 pagi-12 siang. Kadang diantar jam 9, kadang jam 12. Sukak-sukak lah. Tapi kalo diantar lebih awal, gue jadi ngiler pengen icip-icip padahal belom masuk jam makannya. Tapi pernah juga diantar jam 12 lewat, padahal perut gue udah krucuk-krucuk minta diisi anak makanan.

Walopun emang tanpa garem, semua menunya masih bisa lidah gue terima. Nggak kayak Hulya yang kayak dia bilang di post-nya seperti ini (link cerita lengkapnya gue taruh di bawah ya)

Bicara masalah rasa, gak ada rasanya guys... :'(
Hidup saya selama seminggu itu terasa hampa banget tanpa ada rasa-rasa gurih yang hinggap di lidah. Kalau ditanya apa lemes, engga lemes sih... Si Mbak ini masaknya dengan cita rasa pedes, tapi pedesnya gak sedap karena tanpa gula dan garam. Hiks. Apalagi saat nyicipin sawi atau bayam, rasanya paiiitt. Beda deh sama yang dimasak sop.
Beda kayak Hulya. Entah itu sayuran mentah segala macem, gue suka. Gue bisa melahap semua menunya dengan santai-adem ayem. Mungkin pada dasarnya gue emang hobi makan sayur dan yang hambar-hambar. Atau... mungkin gue yang terlalu omnivora.

Dan tebak! Selama hampir dua minggu itu gue turun berapa kilo? 4 kilo! Pengen gue peluk deh tuh timbangan.

Pertanyaan lain yang sering menghampiri gue: apa bener lo disiplin sama dietnya? Nggak cheating ini itu??

Hehe.. sebenernya gue ada curang kok guys! Waktu itu gue pernah laper banget habis aerobik. Kepala pusing dan lemes banget (setelah diselidiki ternyata gue emang memasuki masa PMS yang rentan haus dan kecapekan). Akhirnya gue nyomot sereal berenergi punyanya temen kos, si Intan, dan langsung meminumnya hangat-hangat saat itu juga. Bodo’ amat sama rule-nya diet mayo yang ‘no salt’. Pokoknya, gue lebih sayang badan gue yang hampir aja roboh gara-gara kehausan kayak dehidrasi air. Bener deh. Gue percaya kalo garam itu bisa mengikat air di tubuh. Buktinya, di hari ke 5 itu badan gue mungkin enggak ngiket garam lagi dan airnya habis menguap gue pake olahraga sampe basah kuyup keringetan (iya kali ya?? maafkan teori sotoy ini)

Khilaf gue yang lain: minum teh tarik, nyemil wafer, ciki, dan susu sereal. Tapi untungnya berat badan gue tetep turun karena gue work hard pas olahraga.

Kalo ditanya apakah gue pengen menjalani lagi diet mayo ini kapan-kapan? Err.. bisa sih, tapi sangat disarankan kita hanya melakukan diet ini setahun sekali.
Selama diet mayo, gue malah ngidam makan-makan. Ngidam kuliner yang pedes dan berkuah macam mie ramen. Aakkkkk!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Gue mau ini... Nyruput kuahnya enak deh *elap iler* --via solusimasak.com


Apakah sampe sekarang berat badan gue stagnan, turun, apa nambah?

HA-HA-HA

Gue sempet mengalami kenaikan berat badan pas idul adha kemaren. Khilafnya ya lagi-lagi sama. Di rumah mbah, makanan selalu tersedia everywhere, everytime! Mana mbah gue selalu nyodorin gue makanan dan cemilan  ini-itu.Trus kalo gue nolak, pasti langsung heboh bertanya "kok nggak mau? nggak suka? maunya apa?"

Daripada dibilang cucu durhaka, ya mana bisa gue nolak? :")

Fix lah, gue nambah lagi 3-4 kilo kayaknya. Dan akhirnya mesti gue bayar lunas dengan diet dan olahraga di hari-hari selanjutnya. Ini mah sama aja kayak si Hulya.. ilang 4 kilo, nambah lagi 4 kilo. Hul, kita sehati coy! Tapi, sehati-nya kali ini gue nggak sukaakkkk~

Saran gue, bagi yang emang kuat niat, silakan ikut dan mencoba menjadi para pejuang mayo-ers. Kalo sekedar asal-asalan ikut dan gak ada motivasi kuat, nggak usah ajalah. Daripada buang-buang duit kagak jelas. Terus, kalo udah berhasil tetap jalankan hidup sehat.

Kalo gue sekarang lebih milih nurunin dengan cara alami dan yang gue seneng: DIET DAN AEROBIK!  

bonus:
- baca cerita Hulya disini




-sptw-








17 komentar:

  1. Hahaha... semangat juga kamu :p
    Yaahh... lumayan enak sih rasanya sher, cuman kurang guriihh :(
    Saat moodmu sudah hilang, makanan pun akan terasa hambar :(
    Favoritku jagung campur wortelnya itu <3

    Btw, mungkin kamu perlu kunjungi www.cookingfoodie.com buat muasin keinginanmu kulineran :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Favorit gw pokoknya yang ada banyak buahnya! Apalagi pas ada apel merahnya, maknyus dah.

      Huhuhu... sherly sering kok maen kesana. Dan kau sukses hampirrrrr membuat dirikuuh gagal diet

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Thanks udah mampir ke blogku impiccha.com
    Semangat dietnya. Yang penting makan teratur. Dari pada diet sebentar eh naek lagi XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, sama sama ;)

      Bener tuh. Gw maunya makan teratur aja sekarang, walopun ada trend2 diet segala macem. Wehehehhe...

      Hapus
  3. oh jadi ini postingan teranyarnya haha. oke aku baru sempat nge-Blog lagi.

    ogah makan-makanan kek gitu. bodo amat ah sama berat badan. -nyombong dikit lah ya haha

    aku pengen diet juga ah. *kalo di ajak main film hantu dan aku dapat peran tengkorak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo dong tur, nge blog lagi. Kangen gw ama tulisan lo.

      Yaelaaah.. tau dah, tau. Yang badannya macam cacingan kaga bisa gendut2. Bagi dikit sini lah ama gw..

      Dan gw bisa bayangin lo yang macam tengkorak kekeringan gitu --"

      Hapus
  4. wah, jadi pengen coba'in diet mayo jugaa..
    Tapi, kayaknya gue juga susah deeh kalo diet yang macem begini..
    pasti mood mood an juga.. Mending kurangin snack ajaaa :D
    Thanks for sharing^^
    Btw, im following ur blog..
    mind to follow and visit each other?


    xoxo,
    Mei Mei^^
    uniquebloggonnabe.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, mei! :) ihihihi... iya nih, mood2 an. awalnya semangat tapi kemudian males2an. Tapi gw tetep semangat 45 ngabisin, soalnya emg sayang juga buang2 duit. Hehe.. tapi kalo lo mw coba gak apa juga sih mei.

      Oh, oke. gw main juga ah yaa ke blog lo sana

      Hapus
  5. Sempet penasaran nih sama diet mayo.. Haha, walau sebenernya aku ga pernah diet.. tapi kayaknya hidup sehat enak gitu..
    Tapi liat makanannya kayak gimana, kayaknya aku bakal ga jadi deh... :D
    Btw... thanks infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai, lit. makasih kunjungan baliknya ^^ hehe, tapi ini versi murah kok. kalo mau yang enak lagi, coba aja search lain. tapi ya ituuu... harganya juga lebih mahal. namun, makanannya lebih waw juga, jadi gak berasa lagi diet.

      yuhuuuuu~ kembali kasih kalo info ini berguna buat lo lit ^^

      Hapus
  6. waah, diet mayo-nya bisa aku rekomendasiin ke temen aku niih. soalnya aku ga perlu diet-dietan, malah kayaknya aku harus banyak makan biar endutan dikit *nasib bb ga jauh-jauh dari 42-43 kg*
    thanks for sharing, Sherly :) btw suka deh sama tampilan blog-nya. bersih, simpel. aku pengen bikin yang kayak gini juga tapi masih gaptek, lol

    xx
    beautyandstory.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooooo yuli.. hihi, sini dah sini gw kasih kelebihan lemak-lemak di tubuh ini untukmuuu~ gratis tis tissss..

      Hoho, ini juga tampilan baru kok. Blum tak benerin semua, hehe, ginian aja gw otodidak kok, belajar script ini itu dr google. Ntr gw maen lagi ah ke blog lo biar tw sejauh mana lo udah nge-simpel in blog ituuhh.. wkwk

      Hapus
  7. pengennya lemaknya di tempat-tempat tertentu aja yang emang keliatan bagus untuk berisi, uhuk :'3 #if you know what I mean

    aku belum pernah ngutak-ngatik blog pake script. DX
    ajarin dong~ atau kasih tau link tentang script yang penjelasannya simpel, hihi. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, I know it really well, Yul. Ah, disitu... ituu... *sambil nunjuk-nunjuk tempat 'bagus'*

      coba aja gih googling. gw juga kebanyakan lupa belajar dari situs mana aja. pokoknya yang sekiranya gw mengerti dan enak penjelasannya. emm... entar deh ya gw kasih tau lagi yul. ehehe

      Hapus
  8. Setahun yang lalu aku pernah diet mayo dan makanannya aku bikin sendiri. Gak dimacem-macemin kayak katering jadi keliatannya apa adanya (hambar banget) dan aku gak cheating sama sekali. Turunnya lumayan banyak sampe 6 kg, tapi beberapa bulan setelahnya naik lagi sampe sekarang. Jadi pengen diet mayo lagi, tapi katering kayaknya lebih praktis yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaaah tapi lumayan tuh Ran, bisa kurang 6kg. Iya sih, praktis, tapi ya gak dikit juga duit yang dikeluarin buat bayar kateringnya. Malahan gue pengen nyoba juga bikin sendiri, tapi apalah daya~ hmmm...

      Hapus

Gimana? Asik gak bacanya? :))

Nggak usah jadi silent reader mulu. Biar lebih akrab sama Sherly, makanya sering komen dan main disini gih. Nggak ada verifikasi katanya kok (tapi tetep SOPAN dan NO SARA yes!)

Komentar kalian senantiasa gue baca. Sherly mah apa atuh, tanpa komentar kalian.. blog ini hanyalah butiran debu semata :"

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com