24/10/15

Tipu-Tipu Ala Undian Berhadiah?

SABTU, 24 OKTOBER 2015
@Malang, Jawa Timur, Indonesia
 
Prolog:
Gue nggak mau rajin-rajin minta maaf gara-gara kelamaan gak apdet nih blog. Maklum, paling ya alesan gue cuma dua: sibuk dan males yang bedanya tipis, setipis papan gilesan.
 
-------------------------
Kadang gue masih aja heran. Apakah orang-orang sekarang ini kebanyakan duit ye? Nelfon secara acak kepada para calon korban dan berharap ada yang dengan mudahnya masuk ke perangkap mereka. Iya. Ini gue lagi mau cerita soal tipu-tipu berhadiah ala-ala telepon misterius.

sumber gambar: jpnn.com
Pasti udah sering denger dong soal maraknya penipuan di jaman yang serba canggih ini? Entah dari yang ngetrend nelfon anaknya kecelakaan, hadiah isi ulang pulsa MKios.. sampe sms mama minta pulsa.

sering gue dapet sms ginian --via capebanget.com
Ini ceritanya masih hot news. Baru aja kejadian beberapa hari yang lalu. Disaat gue sama teman kos lagi asik ngobrol ini-itu di kamar gue, tiba-tiba ada panggilan tak dikenal dari nomor asing yang mampir ke hp teman gue. Gue yang awalnya bersemangat ngobrol, langsung melongo ikutan liat teman nelfon.

Teman: Ya? Halo? Ini siapa?
Mr. X: Bla bla blaa....
Karena background suara TV kamar cukup mengganggu, gue pun langsung matiin TV dan temen gue itu langsung meng-loudspeaker hpnya.

Mr.X: Kami dari pihak Telkomsel.... bla bla bla
Teman: Iya? Lalu?
Gue pun mulai ngikik karena tau ini modus penipuan. Ahelaahh.. lumayan nih ngeladenin. Itung-itung hiburan tengah malem.
Mr.X: Kalau boleh tau, ini dengan Ibu siapa ya? 
Teman: (ngelirik gue) saya Bu Yanti  
Mr.X: Ibu asalnya dari provinsi mana ya
Teman: (lagi-lagi ngelirik gue) Kalimantan Timur..
Kampret nih anak. Pake bawa-bawa provinsi asal gue pula. Dan nyamarin namanya pake nama ala gadis desa segala-->Yanti.
Mr.X: Benarkah nomor Ibu adalah 0822******** dan---
Teman: (motong pembicaraan) Ya bener dong, Mas. Kan Mas-nya ngehubungin nomor ini? Gimana sih?!
Mr.X: Selamat ya, Bu. Nomor Ibu terpilih sebagai salah satu pemenang dari rangkaian acara HUT Telkomsel yang ke-23 tahun dan berhak mendapat uang tunai sebesar 24 juta.
Teman: Oh iya iya...
Mr.X: Apakah Ibu punya rekening?
Teman: Yah, gak punya... (suaranya berubah manja)
Mr.X: Loh, kok gak punya? Sebentar. Ini Ibu atau Mbak?
Teman: Saya masih SMP, Mas... (suaranya dibuat-buat jadi sok polos)
Gue nggak kuat nahan ketawa. Muka tua gitu ngakunya anak SMP.

Mr.X: Kalau gitu, mungkin Mbak-nya punya teman yang punya rekening?
Teman: Waduh, nggak punya juga, Mas..
Dari nada suaranya, gue tahu kalau si Mr.X ini mulai gusar.

Mr.X: Jadi, gimana nih, Mbak? Hadiahnya mau diterusin apa dibatalin?
Teman: Ya udah deh, batalin aja

Sempat hening beberapa saat...

Mr.X: Yakin mau dibatalin?
Teman: Iya...
.
.
.
.
.
.
Kemudian, Tut.. tut.... tutt.......... sambungan telepon dimatikan. Spontan, gue dan temen gue itu langsung ketawa ngakak keras-keras.

Hihihi.. Duh, duh.. Jadilah obrolan kita di sisa malam itu dihabiskan dengan ngobrol panjang lebar tentang si penipu. Ya rasional dikit dong Mas.. Mungkin Mas nya lelah? Butuh piknik??? :))

Pertama ya. Pihak Telkomsel biasanya nggak memberitahu pelanggannya dengan menelfon menggunakan nomor pribadi. Peliss.... Oh, ya. Ngomong-ngomong ini nomor telefon yang digunakan pelaku. Gak akan gue samarkan biar seisi dunia tahu nomor sial itu. Wkwkwk..

081377932461
catet nih nomor! :D

Kedua. Ya kaleeeee ngehubungi tengah malem bokkkk!!! Seinget gue, pas itu jam setengah 12 malem. Hellowww... jam kerjanya kantor nggak ada tuh yang sampe malem. Ngelembur, Mas? :))

Ketiga. Perasaan ya, dulu pas pertama kali pake nomor baru, secara otomatis pasti diminta mengisi biodata diri (nama, alamat, jenis kelamin, hobi, bahkan sampe ngerokok apa enggak). Dan pasti ya biodata pelanggan sudah ter-input di sistem sana. Duh, Mas... Kalo anda emang beneran dari Telkomsel, masa perlu nanya lagi nama-alamat-dan nomor telpon sih?
ayo laporkan! --via twitter.com
Keempat. Setelah gue baca sana-sini, pihak Telkomsel biasanya akan mengumumkan pemenang undian ini-itu melalui web resmi dan pengumuman di koran nasional secara langsung, ataupun mengirimkan surat resmi langsung dari Telkomsel. Dan, biasanya sangat jarang sekali memberitahukan nominalnya langsung.

Kelima. Gue jadi kepikiran sama usianya Telkomsel saat ini. Dari hasil searching di embah, gue dapetin bahwa si penyedia layanan seluler kesayangan gue ini berdiri di tahun 1995. Itu artinye, usianya baru 20 tahun. Ehm, Mas... Itu yang 3 tahunnya lagi darimana? Menang undian berhadiah yang doorprize-nya tambahan umur ye? :))

Hahaha... Udah ah, gue aja ngetik ini sampe ngikik-ngikik juga. Gue pun sama temen gue itu langsung berkhayal, kira-kira skenario apalagi ya yang bakal kita lakuin kalo dapet telpon misterius gituan? Oh, bisa aja gini..

Penipu: Kami dari bla bla bla bla... selamat ya, nomor Ibu menang undian berhadiah 100 juta rupiah.. bla bla bla~
Gue: Waah, beneran?! Aduhhh.... Nggak sia-sia usaha saya selama ini!
Penipu: Iya, Bu. Saya sekarang bicara dengan Ibu siapa ya?
Gue: Saya Bu Susi. Jadi, kapan dikirim uangnya?
Penipu: Apakah Ibu punya nomor rekening?
Gue: Waduh, saya nggak punya rekening. Tapi yang punya suami saya. Gimana?
Penipu: Kalau gitu, boleh bicara dengan suaminya?
Gue: Wah... suami saya belum pulang kerja, Mas. Repotnya punya suami seorang polisi ya gini. Biasa... dinas malem. Kemarin pulang katanya habis nangkep pelaku penipuan yang mengatasnamakan undian berhadiah dari ------- trus dijatuhi hukuman penjara belasan tahun.
Penipu: ...
Gue: Wah, wah. Kebetulan nih suami saya udah pulang. Pa, papa! Ada telfon nih.. Mas, mau ngomong sama suami saya nggak?
Penipu: .............................................................................
Setelah gitu, gue yakin deh. Si penipu itu bakalan mem-blacklist nomor gue dan nggak bakal nelfon-nelfon lagi :))

Jadi, apa kalian juga pernah mengalami kejadian seperti ini? Pasti ada yang pernah lah ya.. minimal dapet sms tipu-tipu. Yuk ah, bagi ceritanya dimari. Jangan cuma dipendem sendiri aja ngakaknya, bagi ke gue juga dong!

Ehm, ngomong-ngomong.. kalo si Mama nge-sms lo ginian, gimana? :))
Mama.. sekarang minta cucu? Menantu aja masih akuh tunggu maahhh --via humorterkini.com


-sptw-



13 komentar:

  1. Sumpah deh mbak ngakak banget wkw. Aku sering dapet sms begonoam tapi kalo telpon gapernah. Padahal pengen banget ikut ngerjain kaya gitu wkw. Aku juga mau post tentang penipuan juga ahh tapi ini mengenai sumbangan gitu hehe. Salam kenal yaa^^

    Blacksugar by Adhelia Fa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayokk.. ayok buat post nya, gw jadi penasaran pengen baca juga! Salam kenal juga ya, Del...

      Hapus
  2. makasih yah atas informasinya, jangan lupa kunjungi blog aku juga.
    QUEENXXX92

    BalasHapus
  3. ihihi kabarnya yang penipuan gini ada yg udah ketangkep baru-baru ini deh, tapi kayaknya semua orang pernah ya ditelfon sama si mas-mas penipu ini, suaranya khas banget! XD

    catconfessions.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo cat! Hihihi.. gw jadi berasa ngomong sama kucing. Pasti pernah dah, tinggal tergantung (calon) korbannya, terpengaruh juga apa enggak. Btw, thanks for stopping by, Cat ^^

      Hapus
  4. akhirnya muncul lagi postinganmu neng, neng. udah kangen banget aku sama kamu. kangen banget kamu muncul di dunia perblog-an !!

    penipuan butut gini mah paling sering dah ku alamin. cuman, ak masih sebatas sms aja. kalo sampe berani nelpon, ku ajak makan malahan. hehe

    kalo yang nelpon ada pernah kejadian, cuma bukan penipuan sih. tapi lucu aja gitu. nomor nyasar, marah-marah. dan di kira aku cowonya yang lagi pura-pura mati pas lagi berantem. kayaknya sih begitu sikonnya tu bocah. semalaman hapeku ganggu. ya sms lah. ya telpon2 lah. mau ku balas, eh pulsa tinggal Rp 23,- yaudahlah. rencananya mau ak balasin. "maaf ya, aku udah jadian sama tante-tante. kamu bukan selera aku lagi. maaf banget, kamu belum bisa kasih ak mobil." gitu. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ealaah, lu kangen gue apa blog gue niihhhh? aaah, cemburu sama si tulisandarihatikecilku nih :p

      Kalo macam sms gw sering dapet dan sering banget diabaikan. tapi si temen gw ini nanggepin, jadilah gw ikut nimbrung dan muncullah post ini. tadaaaaa~~ lu tunggu postingan gw selanjutnya yak, janji bakal lebih seru deh

      Hapus
  5. Ini hampir aja ketipu temem aku yang mau sewain apartemen. Sipenipu giring teman aku ke mesin atm, maksa bilang kalau sudah transfer 5jt ternyata kita yang disuruh tekan tombol transfer... Thanks God, kepala gembongnya sudah ketangkep ya.

    Glowlicious | Indonesia Beauty, Fashion and Lifestyle Blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Li! Ya ampun... hampiiiiirrr aja. Tapi kok ya bisa sampe kegiring ya? Tapi untungnya si gembong udah ketangkep. Tapi, menurutku sih ya Li.. emang kitanya sendiri yang mesti waspada dan HARUS dalam kondisi sadar 100 persen kalo ada gituan. btw, thanks udah mampir balik yaaaa

      Hapus
  6. aku juga sering dapet sms penipuan gitu. seringnya sih yang ngaku lagi di kantor polisi trus minta dikirim pulsa, lolol. pernah juga yang tetiba disuruh nransfer ke rekening dia atas nama blablabla. yaelah, ngapain jugaaa :)))
    mamaku pernah tuh ditelepon penipu, untung aja ga terjebak. soalnya mamaku agak polos gitu orangnya (?). emang zaman sekarang kudu hati-hati ya, modus penipuan semakin beragam *fyuh*

    xx
    beautyandstory.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, gw yah yull.. walo sering dapet, sering juga gw cuekin. Mungkin karena kita idup di dunia yg udah melek teknologi. Namun, ini bahaya buat orang-orang yg lebih tua dr kita, soalnya mreka biasanya lebih poloa dan mudah kepancing. duuhhh untung aja mama lo gak kejebak yah yulll :))

      Hapus
  7. Sher, setelah kejadian itu aku ditelpon sekitar 4 kalian lagi.. nggak bosen bosen apa tuh orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerjain aja balik seperti rencana kita :D

      Hapus

Gimana? Asik gak bacanya? :))

Nggak usah jadi silent reader mulu. Biar lebih akrab sama Sherly, makanya sering komen dan main disini gih. Nggak ada verifikasi katanya kok (tapi tetep SOPAN dan NO SARA yes!)

Komentar kalian senantiasa gue baca. Sherly mah apa atuh, tanpa komentar kalian.. blog ini hanyalah butiran debu semata :"

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com