31/05/16

Masih Remaja Udah Doyan Makeup?

SELASA, 31 MEI 2016

Jaman gue SMA dulu, makeup adalah suatu hal yang tabu buat gue pake. Kenapa? Karena pada masa itu gue masih cuek sama yang namanya penampilan. Jangankan mekap, pake gincu di bibir aja ogah, kayak emak-emak yang mau kondangan. 

Gitu pikir gue saat itu.
make-up-case
Udah cukup banyak? --via www.flickr.com

Namun sekarang, kecanggihan gadget dan dunia sosmed mengubah segalanya. Coba aja kalian tengok dunia sosmed anak muda kekinian saat ini, instagram contohnya, pasti banyak nemuin foto dedek-dedek gemes usia remaja tanggung yang udah kenal mekap. Mana kadang seragamnya dikecilin, trus yang cewek-cewek suka banget posenya mamerin bokong dan dada.

anak-sma-dari-masa-ke-masa
Udah hitz belum? --via kabarupdate.com

pose-hits-sma-kekinian
Selamat ya. Mukanya nampang di blog gue --via efekgila.com

Iya. Gue gemes banget sama mereka. Gemes pengen nabok.

Dan ngomongin makeup? Iya. Sekarang mereka tau banget sama yang namanya dandan. Mau curi-curi kesempatan pake lip gloss atau lip tint ke sekolah pun dijabanin. Trus juga mulai suka pake bb cream dan ngalis. Trus rambutnya diblow gitu biar ala-ala jatuhnya ngembang pewwfek.

Gue dulu cuma pake bedak tabur doang ke sekolah. Itu pun kemudian udah ilang kehapus angin sebelum gue nyampe di sekolah. Jangankan lip tint, pake lip balm pun enggak. Gue emang bener-bener anak polos dulu. Iya. DULU.

wear-red-lipstick
Udah cetar belum Bang bibir adek? --via www.thegloss.com

Fenomena ini gue amati tatkala hidup gue mulai dihiasi sama tingkah laku anak SMA semasa gue jadi pengajar mereka. Gak cuma siswi SMA di sekolah yang gue ajar sih, tapi juga di sekolah-sekolah lain.

[Baca kisah PPL lain gue disini: Part 1, Part 2]

Sering siswi gue nanya ke gue gini,
"Bu, mau konsul dong"
"Boleh. Konsul apaan?"
"Makeup, Bu!!! Hehehe..."

Tuh, gue mau dikonsulin perihal makeup. Bukan pelajaran yang gue ajar.

Antara seneng dan sedih nyampur jadi satu sih. Seneng karena gue suka banget sharing masalah dunia kecantikan dengan orang lain yang satu pandangan dengan gue. Sedih karena siswi jaman sekarang udah doyan mekap aja, padahal masih kelas 1 SMA :"D

Ketika gue ngobrolin hal ini dengan temen gue, dia pun sependapat dengan gue. Anak-anak jaman sekarang udah lebih cepet dewasa daripada sebelumnya.

Bukan itu saja. Produsen mekap turut andil dalam kedewasaan remaja sekarang. Banyak banget mekap yang segmentasi pasarnya adalah usia belasan tahun. Terlebih lagi harganya yang ramah di kantong anak sekolahan.

Harga murah, packaging unyu.... aaaaahhh! Sempurna banget.

Contohnya brand Emina. Liat kemasan mereka yang bisa menggoyahkan iman? Nggak hanya remaja belasan tahun, tante-tante usia 30an pun goyah kok :D.

(( TANTE ))

emina-cosmetics
Brand Emina. Lucu gak sih? --via www.sociolla.com


Gue sih nggak membenarkan atau menyalahkan siapa-siapa. Makeup adalah kebutuhan dasar wanita. Wanita seneng makeup, produsen menyediakan produknya. Klop deh.

Kalo dulu gue udah seneng makeup, ya mungkin aja gue udah ganjen kayak siswi-siswi SMA jaman sekarang.

Menurut gue, di usia yang masih belasan, kulit kalian masih bagus-bagusnya. Kalo terus-terusan ditimpa makeup, kan kasian kulitnya :(

Mending fokus di skincare daripada makeup.

Ya nggak usah langsung pake skincare mahal, FTE-nya SKII misal -_-. Yang murah namun rutin dipake lebih bagus daripada yang mahal tapi ogah-ogahan dipake. Dan yang terpenting adalah cocok di muka, gak bikin breakout.

SKII-FTE
Itu bukan tangan gue. Seriusan -_- Gue belum sanggup beli FTE-nya SKII --via www.liveshoptravel.com

Mirisnya, mereka suka makeup.. tapi gak mau melindungi wajahnya. Maksudnya? Ketika gue tanya mereka pake sunblock apa enggak, mayoritas jawaban adalah ENGGAK.


"Bu, mukanya kalo dandan gitu kok bisa flawless sih?"
"Hehe, ya dirawat juga dong. Jangan ngandelin makeup doang,"
"Gimana caranya? Kasih tau dong, Buuuuuu"
"Kamu kalo ke sekolah pake sunblock gak?"
"Enggak..." 

Hm, gimana mau hasilnya mulus kalo base-nya aja gak dijaga? :(

Sebenernya ya, gak cuma siswi gue doang yang gitu. Temen-temen yang seumuran gue pun masih aja ada yang mengabaikan pentingnya peran si sunblock dalam rangkaian skincare harian mereka. Pokoknya, rata-rata orang pada gak suka sunblock-an gegara udah ngecap duluan kalo sunblock itu lengket.. gerah.. bikin muka kilap.. pokoknya GAK BANGET DEH!

Padahal mah sekarang banyak produk sunblock yang nyaman di wajah. Sunblock favorit yang selalu gue repurchase dan jadi HG gue adalah dari brand SKIN AQUA. Ngebayangin kalo ntar gue susah nemuin nih produk bikin gue ngerasa AAAAAAAKHHHHHHHHHH :"

sunblock-skin-aqua
Yang gue pake yang UV Moisture Gel SPF 30 PA++ --via www.mimoyoja.com

Kadang, kalo gue lagi ngeluarin makeup pouch gue, siswi-siswi gue langsung kepo pengen liat apa aja isinya. Langsung deh tuh ngerubungin gue dan nanya ini-itu.

"Bu, lipstik yang ini bagus gak?"
"Buuuu, kemasan bedaknya lucu! Beli dimana?

[Spoiler: Gue dalam waktu dekat mau post soal isi pouch gue. Stay tune!]

Tanpa perlu diminta, belasan pertanyaan lainnya langsung mampir dalam sekejap. Gak kayak pas di kelas saat gue tanya:
"Ada yang mau bertanya???"
*krik krik*

Gak cuma siswi gue. Sepupu gue yang baru aja kelarin sekolah SMA nya di Bontang, juga ngontak gue. Nanya ini-itu via chat. Mungkin karena dia juga tau gue seneng makeup, jadilah gue dihubunginnya. Tentu obrolan gak jauh dari MAKEUP.

"Mbak Sher, pensil alis yang bagus merk apaan ya?"tanya dia.

Gue dalem hati: 'WHATTTT?? Anak sekarang udah ngerti aja ngalis-an'

"Loh, mau belajar ngalis ya sekarang?"tanya gue.
"Iya nih, Mbak. Terus, foundation yang bagus merk apaan?"
"Wah, udah doyan makeup ya sekarang?"
"Iya, gara-gara nonton 200K Makeup Challenge di Youtube,"

Gue pun langsung ngeh sama video itu. Hehe, jujur sih. Dulu gue juga sering nonton video itu. Makeup-an full semuka dengan budget gak boleh lebih dari 200 ribu rupiah. Tapi, lama kelamaan nonton video gitu bikin gue bosen. Paling ya kalo pun nonton, gue mantengin bagian eye makeup nya doang.

Wah, anak sekarang kalo Youtube-an nontonnya 200K Makeup Challenge ya? Gue kira nontonnya masih bokep. Eh, apa masih doyan juga ya?

Gue sering nonton ginian --via www.youtube.com

Ya seperti yang gue bilang sebelumnya. Perkembangan internet membuat segalanya jadi mudah. Anak sekarang kalo mau dandan tinggal cari tutorial di Youtube. Anak dulu ya mesti keluar duit dulu buat nyalon. 

Pilihan produk mekap juga beragam. Dulu siswi SMA dikenal suka pake lipgloss buat ngasih kesan basah-minta-dicium. Siswi sekarang sukanya liptint, yang mana gue gak suka pake. Mending lipstik sekalian.

Kalo dulu alas bedak yang terkenal cuma foundation doang, sekarang banyak ragamnya. Mulai BB-cream, CC-cream hingga tinted moisturized pun ada.

Dan gue juga sering merhatiin. Siswi-siswi SMA di luar sana (bukan siswi SMA gue), ada aja yang udah pake dempul setebel cat tembok kalo sekolah. Kesannya sih mau natural-makeup, tapi jatuhnya jadi kondangan-makeup. Muka putih, leher belang.

Situ zebra?

INI GUE MULAI NYINYIR. HUAHAHAHAHAHA

Selain mekap dempulan, kadang ditambah lagi ujung rambut yang dibuat bergelombang. Yang punya budget lebih bakalan ngeblow rambut. Yang budget terbatas, pake jedai.

Tau jedai gak sih? Itu lohhh.. JEPIT BADAI. Yang kalo rambutnya diuwel-uwel pake jepitan itu terus ditunggu beberapa lama (2 jam misalnya) bakalan ngasih efek wavy.

tutorial-jedai
Caranya diuwel-uwel ya biar hasilnya badai --via blog.ruangguru.com

Cantik kok... Tapi ya nggak gitu juga mekap an ke sekolah. Banyak kok pilihan no-makeup-makeup look ala-ala ke sekolah.

Iyaaaaaa, gue tau. Kalian mau ngegebet kakak kelas yang cakep kan? Kalian bukan mau ngegebet om-om dengan dandanan ala tante usia 30 kan?

(( TANTE LAGI ))

Kan gini keliatan seger! --via www.msbeautygold.com

Gue nggak ngelarang anak SMA dandan kok. ENGGAK. Malah menurut gue, perlu kok dandan dikit, biar muka seger. Gak keliatan kumal. Kalo muka seger kan enak tuh buat tebar pesona ke kakak kelas cakep. Minimal gak dikata-katain banget lah.

"Permisi, Kak..."
"Eh, i-iya. Ehm, boleh kenalan gak?"
"Boleh. Gue Sandra kelas X IPS1, Kak.."
"Cantik gini udah punya pacar belum?"

Kan gak enak ya kalo kejadiannya kayak gini:

"Permisi, Kak..."
"Iya, buruan lewat gih. Eh, eh sebentar. Nama lo siapa?"
*udah seneng dalam hati* "Monik kelas X IPS1, Kak.. Kenapa? Mau kenalan, Kak?"
"Oh, lo anak IPS1? Sekelas sama Sandra kan? Titip salam buat dia ya. Bilang dari Kak Andre,"
grrrrr-moment
Kamvret lu, Kak! --via imgur.com

Jadi, gimanakah pendapat gue sama dedek-dedek gemes yang makeup-an? Ya nggak apa kok. Asal tau situasi dan kondisi. Untung aja, siswi yang sering nanya ini-itu ke gue soal mekap udah tau hal ini.

"Iyalah, Bu. Aku nggak makeup-an kalo sekolah. Kalo jalan sama pacar aja baru dikit-dikit pake mekap,"
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
YA AMPUN. ITU SISWI GUE KELAS 1 SMA USIA 15 TAHUN AJA UDAH PACARAN, LAH GUE PACARAN AJA MULAI KULIAH >.< (Ini gak boong. Ini seriusan. Huft.)

-sptw-


Lokasi: Malang, Malang City, East Java, Indonesia

65 komentar:

  1. Adek gebetan on off (((ON OFF))) juga salah satu dedek gemez. Aku merasa, ya Tuhan Vina polos banget ya waktu SMA :(

    Aku sih suka sama Aurel kalau masalah dede gemez, terlepas dari beritanya aku akui make up kinclong. Tapi pas sekolah keliatan muka aslinya. Banyak yang nge judge dia kan waktu itu. Aku sih gak ikut2an. Bakatnya dia bagus banget kalau enggak digunakan tuh.

    vinasaysbeauty.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaha, Vina polos :D

      Gue juga suka loh, Vin. Makeup nya tuh kinclong amat, mulus benerrr.. ya emang banyakbyang ngehujat sij, Hemmmm

      Hapus
  2. Huahahha, gw berasa anak jaman kapan taun gitu ya del xD

    Sumpeh lo udah ngalis jaman sekolahan? --"

    Hahahha, ya gue sama aja sih. Yang tomboy tapi tetep dandan ya gue! Ga punya pacar jaman sekolahan pun karena masih tomboy dan gak pacar-able buat digebet.

    Emak lo ketjeh!

    BalasHapus
  3. Dulu sekolahku agak ketat sih peraturannya. Bedak tipis sih boleh. Lipbalm gpp asal ga berwarna. Kalo ada warnanya dikit langsung seret ke ruang BP. Apalagi seragam yang model kaya diatas. Masuk ruang kepsek tuh :o
    Tapi emang ya, kalo masih sekolah lebih baik investasi ke skincare daripada makeup.

    www.gadzotica.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha,untung dulu jamannya gw SMA belom seneng gituan ya, jadi ga ada ceritanya digeret ke ruang BP dan kepsek.

      Hapus
  4. Halo sherly, seru banget dehhh baca blog kamuuu aku berasa lagi ngobrol sama orangnya beneran :""D

    duh, fenomena remaja kecepetan dewasa emang bikin gregetan ya, semasa aku SMA paling banter pake bedak sama BB Cream aja biar muka gak kayak penambangan minyak. Lip balm yang transparan cuman biar bibir nggak pecah-pecah. Kalau di luar sekolah menurutku gak masalah ya asalkan sesuai dengan umurnya, jangan umur 16 tahun dandan kayak umur 25 tahun, ngalahin umur gue jadinya wkwk. secara anak sma sekarang mukanya tua-tua banget ya sis dibandingkan jamanku dulu. Intinya sih, yang sesuai umur aja :):)

    anyway, itu koleksi make up kamu sher? bagus baguuuuuuus, aku ngiler ngeliatnya :O

    XOXO, The Rainbow Days

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mahardhika ^^ hahaha, entah orang keberapa ya yg bilang kalo baca tulisan gw aja kayak berasa ngobrol langsung sama gw xD

      Bener tuh. Asal sesuai umur.

      Huahahaha, bukaaaaann. Asal comot aja dah tu gambarnya >.<

      Hapus
  5. setuju pake banget!! yg paling krusial sih itu ya, ALIS -_- jaman skrng aja anak SMA maenan nya udh Eyebrow pomade gituan :( jaman gua SMA mana ada pake gituan,pake lipbalm yg ada warna nya aja udah diledekin sama temen2 hahahaha .

    ada gua pernah nntn video salah satu youtuber indonesia. hmm gak bakal sebut merk kok hahaha :p dia bikin daily makeup routine, dan dia masih kls 3 smp , tapi hedon semua makeup nya,concealer loreal, bedak channel (ini ori lho bukan yg kw wkwk) ,bronzer the bodyshop ,dan liquid lipstick nya stila. kadang suka bingung gitu ya,duit darimana :( secara yg mereka pake itu rata2 high-end semua.. apa orang tua mereka izinin mereka beli/pakai makeup high-end gitu ya

    secara gua yg udah kuliah akhir zaman ((semester haha)) gini aja selalu setia pake local brand,drugstore luar bahkan rajin cari2 dupe2 nya makeup high-end #ngiritbiarcantik HAHAHA . mulai pake makeup juga pas udah lulus SMA itu gegara muka super berminyak,sampe dibeliin bedak maybelline sama kakak cewek gua hahaha #curhat . katanya "muka kamu keling banget dek,pake bedak napa"

    dan gua setuju bgt yg anak sekolah boleh aja pake makeup,tapi jangan sampe gegara makeup malah bikin mereka kelihatan tambah tua . tapi tetep aja sih ya menurutku,even bb cream/concealer sekalipun masih terlalu too much sih

    btw gua suka banget + setuju bgt sama artikel nya kak sherly! semangat ngeblog nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hey, Ran ^^

      Seriusan itu pomade an ke sekolah? Gw aja yg umur segini belom perrnah coba alis pomade -_- gw kalah gaul dibanding mereka.

      Sama aja mah. Gw tetep suka local brand dan kalo pun brand luar sebisanya sih yg drug store, hm, walopun mupeng juga pengen yang high end. Waaaah gw jadi kepo beauty vlogger mana tuh :o

      Hihihi.. makasih semangatnya ya! Sering2 main biar gw tambah semangat!!!!

      Hapus
  6. yah perkembangan jaman ada positif negatif nya... positifnya qta bs blajar makeup gratis ga perlu ikut kursus segala, tnggal liat2 tutorial lama2 pasti jago jg... hehe... negatif nya klo ga bisa nyesuaikan dengan lingkungan dan situasi itu yg prah, misalnya ke sekolah pke makeup pdhal ada praturan g bleh pake... yah tnggal qta bs mngendalikan kcanggihan jaman ato sbaliknya malah dikendalikan... hehe... btw salam kenal ya... ^^

    glorychen.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga ^^ *salim*

      Iya nih. Gw aja bisa makeup an gara2 mantengin youtube dan blogwalking sana sini. Ga pake kursus sana sini, tapi gw dijadiin lahan pertanyaan bagi temen twmen gw yang awam dan males searching.

      Hapus
  7. haloooo kak! salam kenal btw hehehe (:!

    i'm totally 100000000000000000% agree with u kak sherly! xD beda zaman beda jg kelakuan nya,zaman skrng mah kayaknya gak afdol gitu yah buat cewek" remaja buat ga keluar rumah tanpa makeup..miris jg sih,tapi bakal susah kalau udah jadi "kebiasaan" mah hehehehe

    oiya kak,request bahas itu dong . fenomena cowok2 yang suka makeup , apa rada sensitive yah? D: tapi di IG banyak bgt cowok2 luar negerti itu yg demen pke lipstick,dandan layaknya cewek. banyak pro sama cons nya , rada penasaran aja sih klo dibahas dri sudut pandang kakak sendiri :DD thanks kak~!!

    rachayuw.blogspot.co.id/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloooooooo salam kenal juga ^^

      Wah, wah.. dapet inspirasi post baru nih. Iya, kadang gw juga liat di youtube/instagram para cowok yg seneng makeup. Topik sensitif? Hemm, tergantung bahasannya gimana sih. Kalo gw yg bahas, mungkin jadi santai. Hueheheh..
      Tapi, i'll try yaaaa ^^

      Hapus
  8. Saya Zaman SMA cuma kenal bedak tabur sama lip balm doang. Waktu SMA dulu, pakai yang menor dikit langsung ditegur (bahkan kalau ada yang pake soflens warna ngejreng dimarahin sama pihak sekolah).
    saya kenal make up waktu awal2 masuk kuliahan tapi masih sebatas Natural Look saja.

    Kalau zaman sekarang mah mau anak SMP SMA semua tau apa itu make up, bahkan ada yang dandanannya kaya mau ke kondangan. duh kasihan sih, hanya karna ngikut trend kekinian sampe kek gitu.

    Toss kita sama, lebih pilih Skin Care ketimbang Make up (bukan berarti make up tidak penting).
    xixi Btw Salam kenal kak ^^

    Http://diaryjejhe.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Jen. Salam kenal juga (wah, wahh.. gw dapet banyak salam kenal hari ini ^^)

      tau ga? Siswi gw juga ada loh yg pake softlens.. etapi, gw malah terkagum2 sih, soalnya warna softlens nya unyuuuu *plakk

      Iya dong. Kalo base muka udah bagus (krn skincare) mau dipakein makeup seminimalis mungkin bakalan ketjeh

      Hapus
  9. Huahaahaha.. Gemes baca ini. :D aku jaman esempeh sudah bedakan sih walau pake punya emak, sudah pake lipgloss tp yaitu, ga tau skincare2an. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahha gw yang nulis aja gemes Rim :D

      Gw jaman esempehh... mana tau pake gitu-gituan -_-

      Hapus
  10. Pas jaman remaja dulu... *duh udah jaman kapan ituhh, wkwkww... Sama sekali nggak kenal makeup, paling-paling pake produk pemutih wajah karena kemakan iklan *jaman dulu iklannya kece gilak... Masuk kuliah juga masih cuek bebek, nggak pernah pake makeup, paling bedakan dikit...

    Sampe sekarang pun, kalo ke kantor kadang2 cuma bedakan pake loose powder, kadang malah nggak pake bedak sama sekali... Yaolo parah banget yak...
    Terusss... sekarang mau konsen ngerawat kulit wajah...

    https://rifyanisya.blogspot.co.id/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha ya seenggaknya udah sadar diri lah Sya. Kasian amat mukanya kan disiksa bertahun-tahun tanpa dikasi asupan nutrisi :D

      Gw jg kalo males ya cuma bedak tabur doang, yang biasanya langsung ilang kesapu angin~~

      Hapus
  11. Lho Sherly orang Bontang?
    wawawa nemu bubuhan bontang :"D

    Tapi iya lho, aku dulu pas SMA nggak kayak adekku yang sekarang SMA. Yg bingung pake liptint lah, apalah.. Btw aku inget dia pernah mau baby lips abal2 yang dijual di jar yang dulu sempet booming di onlineshop gara2 temen2nya pada pakai itu -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lohhhs ditttt kau orang Bontang >.< duh, sering kali ih gw nah main ke blog kauuuu

      Nah kan, anak SMA sekarang loh :"D Dan adek sepupu gw juga ada minat sama yang abal² gitu langsung gw omelin dit -_-

      Hapus
  12. Aku juga sama kayak kamu. Pas SMA pake lipbalm mebelin aja rasanya pake mekap karena bibirnya pink sendiri. BUTA banget.

    Kmrn diangkot ngeliat anak SMA pake esedo coklat dicrease -_-. Ntahlah gimana maksudnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Kita dulu BUTA MAKEUP. Sekarang GANJEN MAKEUP. Hahahahahah

      Mungkin... itu sejenis kekinian abad ini juga Sep :D

      Hapus
  13. Hahah zaman gue dulu jg kesekolah udh pada bergaya tok dikecilin pake makeup. Tp gue sama sekali gak pernah pake gituan. Cuma pake pelembab baby doang. Lipbalm gue jg sama skali ga pernah pake. Rambut jg cuma disisir sama diikat satu doang biar keliatan rapi. Kita sama nih mb Sherly :D

    Roulinasbeautyblog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, ternyata jaman polosan gw dulu.. gw ga sendiri >.< gw kira gw doang Nes :"D

      Hapus
  14. Aku malah dari masuk sma udah cukur alis, keriung bulu mata, dll hahahah. Padahal jaman baheula. Tapi ya itu doang sih. Makeup ga tebel2 amat. Btw salam kenal ya, aku punya feeling kita seangkatan hahah

    esybabsy.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha, gw jaman SMA mana kenal gitu-gituan xD Salam kenal juga Esy. Gw sering looohhhh main ke blog lo :D

      Hm, feeling mu kali aja bener :D

      Hapus
  15. Suka postingannya, setuju banget.
    Anak SMA jaman sekarang udh ga heran ke sekolah ngalis dan bibir merah gincu, bahkan anak SD aja udh berani nyentuh makeup. Lah, aku jaman SMA cuma kenal bedak bayi doang hahaha. kadang mikir ini anak2 jaman sekarang cepet dewasa sebelum waktunya, ato kitanya aja dulu yg lambat ya xD

    http://sincerelyriska.blogspot.co.id/


    BalasHapus
  16. Hai Sherly, setuju banget deh sama kamu. Remaja sekarang udah beda banget dari dulu *padahal baru 3 tahun lepas baju putih abu-abu*. Dulu ke sekolah aku cuma pakai pelembab doang sama lip balm, tapi ya gitu emang dulu pas sekolah dekil amat setelah liat foto jaman dulu :"
    Trus ngeliat foto2 ABG jaman sekarang, rasanya kok kece2 baday gitu ya, emang keliatan banget mereka udah ngerti makeup dan perawatannya juga udah heboh. Untung pas sekolah, temen2 juga masih gak begitu peduli soal beginian, jadi biar ada temen sesama dekil deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Ran.

      Hahahaha, ya seenggaknya pas jaman kita sekolah dulu, walopun dekil tapi dekilnya gak sendirian. Masih ada temen sesama xD

      Hapus
  17. Hai Sherly,
    Kayanya aku juga hidup di jaman kamu deh haha. Dulu SMA kelas tiga baru pake bedak sama lipbalm itu pun gak ada warnanya. Pernah coba2 pake cream blush terus di-bully sama orang yang katanya hits, dibilang macem2 lah.

    Akhirnya, baru mulai centil pas kuliah semester 7 wkwkwk, Gak pernah kepengen cukur alis karena dosa haha dan alhamdulillah alis ku pun udh lumayan bagus.

    Jadi, kita sama gemesnya sama dede gemes yang berasa mau kiamat kalo gak ngalis :p

    Regards,
    www.zeillamudev.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga, Ze!

      Ini napa banyak yang ngaku2 sejaman sama gw sih? xD

      tapi gw ga begitu doyan cream blush-an sih Ze. Kurang bisa ngatur dikit-banyak nya x_x

      Hihihi, toss untuk kita si penggemes dedek² gemeztt

      Hapus
  18. hihi kayak tertampar karena akuuuu juga gak pernah pake sunblokkkk :D
    baiklah abis ini kayaknya langsung mau ngacir beli sunblock dehhh :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayoooooo hayoooooo!!!

      Pake gih Rin. Sebelum menyesal kemudian. Seneng deh ada yg merasa tertampar di post blog gw ini xD

      Hapus
  19. Bagian yang pada nanya pas keluarin makeup pouch instead of nanya pelajaran di kelas.. Oh.. Gitu ya xD
    Aku baru setengah tahunan ini rajin pake sunblock. Rasanya takut liat matahari sedikit aja kalo ga pake sunblock, ahaha xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha sumpah, seriusan mah itu Fir >.< Nanya makeup daripada pelajaran.

      Wkwk, gue juga setelah kenal pentingnya sunblock selalu usahain pake, kalo enggak jadi was was sendiri >.< pokoknya parnoan deh

      Hapus
  20. aku juga dulu mulai belajar dandan pas jaman SMA awal hahaha tapi gak buat ke sekolah sih, untuk kalo sabtu-minggu ke mall aja, itu juga lebih ke base, secara malu jeriwian, dulu belom ada trend bikin alis badai, kalo udah alis-alis tebel kita pasti bakal dibilangin kayak emak-emak mau kondangan hahaha....

    ke sekolah itu males banget pake makeup, bangun gak telat aja udah sukur + kalo lagi pusing pelajaran biasa uwel" muka sendiri, ngebayangin pas lagi uwel" muka sendiri muka jadi cemong kan engga banget ya :p

    Love, Leonita
    www.blackblueblizzard.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha Leonita malah sejak awal SMA udah belajar mekap xD

      Iya, dulu belom ada tren alis tebel. Yang ngalis ketebelan pasti bakal dikatain kayak emak-emak :|

      Hapus
  21. HAHAHAHAH KAK! KAKAK SUKSES BIKIN AKU NGAKAK! aku masih umur 17, tapi aku skarang college sih (ya itungannya udah kuliah) dan sbenernya aku juga sependapat nih sama anak2 sma, yg biasanya sih ya anak negri, yg sragamnya kekurangan bahan pada suka foto mamer dada sama bokong dan make up ke skolah setebel tepung terigu! hahahaha untungnya disekolah aku dulu ngga kaya gitu, masih pada normal, bahkan kalo kita pergi jalan2 pun pake make up paling cuma liptint/lipcream, alis (wajib nih) sama concealer. ya natural lah. tapi jujur skarangpun aku cinta bgt sama make up! sampe mamaku marahin aku karna beli make up terus hahahaha :P

    sensitive-explosive.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Deb ^^

      Untungggggggggg aja Deborah gak ikut 'kekinian' ya dulu xD
      wihhh, masih bibit seger jadi mahasiswi nih ceritanya :D

      Gue pun juga cinta makeup kok, Deb. Wkwk, mama gw ga marahin sih, kayanya juga ga tau gue udah suka mekap sampe segininya xD

      Hapus
  22. Kalo bahas kaya gini agak sensitif sih menurut aku, hm. Soalnya aku kelas 2 SMK, suka dan lagi belajar make up tapi BIG NO untuk bermake up kesekolah yahh pake dikit sih basicnya lah kaya sun protector lip balm sama bedak :P

    isthiutamid.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Isthi ^^ duh, gw sering maen ke blog lo lohhhhh

      emang sih rada sensitif, semoga remaja yang ngakunya 'hitz' di luar sana segera baca dan insap. Loh, kalo Isthi suka mekap ya gak apa-apa :D asal tau tempat dan kondisi nya kan yaaaa

      Hapus
  23. DUH GW SENENG BANGET SAMA POST INIIIII! gw kira gw doang yg gerah sama remaja2 masa kini yg udah doyan dandan... gw aja baru mulai suka mekap pas kuliah tahun ke 3! skr pun suka bare face juga hahahaha

    sebenernya gak masalah sik utk anak sekolah suka makeup, tapi alangkah baiknya utk rawat kulit muka dulu baru mekap2annya nanti... secara kulit remaja kan masih bagus yak, sayang kena mekap :( kalo cuma bedak & lipbalm & pensil alis (plis alis standard aja) & eyeliner & mascara yauda deehh gapapaaaa dan gak dipake ke sekolah, tapi kl uda pake lain2 rasanya tuh errrrr -,-

    btw ku udah follow GFC muuu! xD

    heyharley.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHAHAHAHAHHA

      gue juga seneng kalo banyak yang sehati sama gue Ti xD

      kan sekolah ya, bukan kondangan. tapi kalo makeup yang minimalis gitu sih ya gw gak apa sih. namanya juga remaja, pengen coba ini-itu

      Tenkiuuuu cantik. Sherly follow balik :*

      Hapus
  24. hai sherly,
    sebelumnya makasih ya udah mampir ke postingan aku
    seneng deh ternyata banyak juga yang sepemikiran sama kaya aku
    agak syok, ternyata anak jaman sekarang pada jago makeup nya, aku juga sering buka make up tutorial gitu, yang komen rata rata abege semua, hahahaha *berasa tua*

    aku follow blog mu ya,

    http://febifebriany.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Feb ^^

      Lah kan, gak cuma gue doang. Bahkan gue ada ikut di forum beauty gitu.. dan ada anak usia SMP yang ikut nimbrung soal makeup

      Makasih udah di follow Feb :D Semoga betah ya dimari~

      Hapus
  25. Lahh aku mah pas smp 1 ada tmn sekls yg doyan bgt mekapan, make gincu,skot mata,mascara,ngisi alis,rmbt blow gt,warnain rmbt,muka mulus bak pantat bayi mgkn didempul kebykan bedak hahaha
    Yahh dlu karna gak tau mekap kirain dia emang orgny cntik alami,eh skrg kalo mikir lg dia mekapny berlebihan bgt yah utk anak 13 thn,ga wajar
    Tpi mah gue skrg sma 3 hobi mekapan, tpi tipis" aja kalo buat jalan" ke mol, ato pg mkn" gt. Kenal lip balm sama bedak tabur marcks aja sma 2, itu pun kalo ke sklh make bedak bayi sama lip balm aja. Smpe skrg jg gt. Kalo keluar rmh gt plg make pelembab dan bedak marcks,kadang kalo siang" keluar make twc maybelline karna ada spf wkwk. Sbnrny sih twc salah beli, karna pas awal kenal mekap kan gtw apa", so liat bedak padat penasaran pengen nyoba. Eh udah pake beberapa bulanan gt bru tau blogwalking trus liat ehh trnyta inih twc yah. Aduh gak cocok sih remaja udah make twc, so skrg gua makeny jarang" amat.
    Gua jg gemess banget kak liat cewek di kls gua zaman skrg, astagahh seragam ketat amatt, pamer d*d* b*k*ng geli amat ih. Tapi yahh itulah trend zaman skrg. Gua mah sklh seragam kebesaran smua, mama blg make yg besar" aja ukuranny biar gak kepanasan hahaha
    Oia kak,bikinin dong isi tntng mekap pouch kakak, trus bikin cara make up natural yg cocok buat anak sma ya kak, jgn mekap yg didempul itu hahaha
    Okehh kali ini gua curhatny kepanjangan sorry yah jd out of topic 😁😂
    Thanks for reply! ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, iya nih Yun. Kalo masih muda mah mukanya jangan didempul segala macem, biarin nafas dulu. Lah itu temen elu masih usia 13 udah kenal scotch mata.. gw aja baru tau akhir-akhir ini --"

      Seragam SMA gw dulu ya juga besar-besar semua. Belom jamannya pamer belahan sih, gak kayak sekarang.

      Okey! Request an Yuni masuk di list ^^

      Hapus
  26. Aampun, anak SMA sekarang curhatnya curhat make up, hahaha.. aku kenal make up baru setelah nikah cobaaaa, hahahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Efek social media semua nih, Is :'D Coba aja tengok instagram. Isinya dedek-dedek gemes dengan seperangkat makeup mereka.

      Hapus
  27. wkwkwkwkwk, ngakak juga baca ini :D.. ga kebayang aku jaman dulu ikutan kepo makeupnya bu guru sambil nanya2 ;p.. yg ada juga ga peduli si ibu guru pake make up ato ga ;D.. memang ya anak jaman skr , generasi Z (thn lahir di atas 2000)kalo disebut, udh maju bgt dibanding generasi X (1966-1984)aku dulu:D.. kamu termasuk X ato Y (1985-2000) mbak?

    btw itu foto cewe2 pamer bokong dan dada, memang seragam smu skr gitu ya? roknya panjang? dulukan yg rok nya pjg krn pake jilbab sekalian.. udh ga ngikutin seragam sekolah anak2 gini lg mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha duh Fan, ketauan banget yaak tua nya dirimu xD haloo generasi X. Gw generasi Y, fan ;) hmmmm.. manusia purba dulu itu generasi apa ya? Generasi A?

      Wah, coba liat medsos nya anak sekarang deh (baca: instagram). Anak SMA pada hits semua. rok sih panjang.. tp belahannya sampe paha :v

      Hapus
  28. Ugh... Aku sebenernya juga termasuk salah satu daei mereka. Udah dempulan dari SMA, cuma bedanya mereka demoulan kadi cantik... Aku oertamanya demoulan malah disaster... Diketawain seluruh kelas... Thanks for bring my memory back mba...mhahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah, namanya juga pengalaman kan Chris :D Semoga gue bisa membawa kembali memori-memori yang dulu yaaaak :))

      Hapus
    2. Anyway... bring back my other memory soon (next curhatan yah) :*

      Hapus
  29. Ini kayak temen2 aku bgt �� btw aku msh kelas 2 sma, pake make up sih tpi klo ke sekolah NO MAKE UP cmn pk moisturizer yg merknya sama kyk yg d atas , plg make up klo keluar jalan2 atau kondangan itu pun klo lg niat klo lagi gk niat mah sekolah atau pergi gk pake apa2 �� biasanya cmn pk moisturizer, bedak tabur, sm lip balm buat pergi.. Dan itu dh d bilang cantik bgt �� gk kenal yg namany bikin alis badai atau mascara atau apalah gk kek temen2ku btw aku pakai hijab di sekolah jd seragamnya gk ketat dan aku plg gk suka baju ketat meski aku pergi gk pakai hijab tpi tetep baju panjang sopan gk kek temen2ku pd suka pake baju ketat gtu aku tanya knp pake itu mereka blg krn ini seragam standar dan mereka mlh balik tanya km kok pk hijab sm model seragam dlu? �� , akuny bingung jdny kek gtu seragam jaman sekarang y?? Soalny seragamku dibeliin mama �� , aku sih lebih fokus ke skincareny pk moisturizer sm rutin pk masker bahan alami dan udh d bilang mukany mulus lembut kaya bayi natural gk dempul ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. WAAAAH LINAAAAA sumpah gue terharu deh, masih ada cewek usia remaja yang kayak lo :") yang tetep istiqomah dengan hijabnya, dengan skincare nya, dengan makeup hanya pada saat jalan :))

      kalo ketemu elo, gue mau jabat tangan lo sambil nyebulin confetti deeeeeehhhh

      Hapus
    2. Aku asli jogja kak, sma d Jakarta hehe, tpi emang klo orang jogja remajanya gk terlalu peduli penampilan yg penting prestasi, temen2 smpku kebanyakan kulitnya udh Bagus dr sananya gk pake apa2 mlh ada yg cuci muka pakai air doang ��

      Hapus
    3. Ih, keren banget ih si Lina :D semoga sampe kapan pun tetep jadi Lina yang seperti ini yaaaaa ^^

      Eh kalo mau nyoba2 makeup gapapa sih, asal gak ketebelan dan.. ehm, tolong alis nya ntar jangan dikotakin *jadi keinget sama postingan gw soal alis kotak*

      Hapus
  30. Halo kan kakak ceritanya kan SMA tapi anak SMP juga sudah ada yg pake lip tint bedak make up banyaklah

    BalasHapus
  31. Thanks for info, jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2ygdG1J

    BalasHapus
  32. ArenaDomino Partner Terbaik Untuk Permainan Kartu Anda!
    Halo Bos! Selamat Datang di ( arenakartu.org )
    Arenadomino Situs Judi online terpercaya | Dominoqq | Poker online
    Daftar Arenadomino, Link Alternatif Arenadomino Agen Poker dan Domino Judi Online Terpercaya Di Asia
    Daftar Dan Mainkan Sekarang Juga 1 ID Untuk Semua Game
    ArenaDomino Merupakan Salah Satu Situs Terbesar Yang Menyediakan 9 Permainan Judi Online Seperti Domino Online Poker Indonesia,AduQQ & Masih Banyak Lain nya,Disini Anda Akan Nyaman Bermain :)

    Game Terbaru : Perang Baccarat !!!

    Promo :
    - Bonus Rollingan 0,5%, Setiap Senin
    - Bonus Referral 20% (10%+10%), Seumur Hidup


    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino

    Situs Login : arenakartu.org

    Kini Hadir Deposit via Pulsa Telkomsel ( Online 24 Jam )
    Min. DEPO & WD Rp 20.000,-

    INFO PENTING !!!
    Untuk Kenyamanan Deposit, SANGAT DISARANKAN Untuk Melihat Kembali Rekening Kami Yang Aktif Sebelum Melakukan DEPOSIT di Menu SETOR DANA.

    BalasHapus
  33. ArenaDomino Partner Terbaik Untuk Permainan Kartu Anda!
    Halo Bos! Selamat Datang di ( arenakartu.org )
    Arenadomino Situs Judi online terpercaya | Dominoqq | Poker online
    Daftar Arenadomino, Link Alternatif Arenadomino Agen Poker dan Domino Judi Online Terpercaya Di Asia
    Daftar Dan Mainkan Sekarang Juga 1 ID Untuk Semua Game
    ArenaDomino Merupakan Salah Satu Situs Terbesar Yang Menyediakan 9 Permainan Judi Online Seperti Domino Online Poker Indonesia,AduQQ & Masih Banyak Lain nya,Disini Anda Akan Nyaman Bermain :)

    Game Terbaru : Perang Baccarat !!!

    Promo :
    - Bonus Rollingan 0,5%, Setiap Senin
    - Bonus Referral 20% (10%+10%), Seumur Hidup


    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino

    Situs Login : arenakartu.org

    Kini Hadir Deposit via Pulsa Telkomsel ( Online 24 Jam )
    Min. DEPO & WD Rp 20.000,-

    INFO PENTING !!!
    Untuk Kenyamanan Deposit, SANGAT DISARANKAN Untuk Melihat Kembali Rekening Kami Yang Aktif Sebelum Melakukan DEPOSIT di Menu SETOR DANA.

    BalasHapus

Gimana? Asik gak bacanya? :))

Nggak usah jadi silent reader mulu. Biar lebih akrab sama Sherly, makanya sering komen dan main disini gih. Nggak ada verifikasi katanya kok (tapi tetep SOPAN dan NO SARA yes!)

Komentar kalian senantiasa gue baca. Sherly mah apa atuh, tanpa komentar kalian.. blog ini hanyalah butiran debu semata :"

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com